Xiaomi Ditinggal Pendirinya, Dua Orang Sekaligus

Kompas.com - 04/05/2018, 15:16 WIB
Jejeran pendiri Xiaomi, (ki-ka) Lin Bi, Huang Jiangji, Zhou Guangping, Lei Jun, Li Wanqiang, Liu De, Wang Chuan and Hong Feng. XiaomiJejeran pendiri Xiaomi, (ki-ka) Lin Bi, Huang Jiangji, Zhou Guangping, Lei Jun, Li Wanqiang, Liu De, Wang Chuan and Hong Feng.

KOMPAS.com - CEO Xiaomi, Lei Jun, mempublikasikan surat internal ke seluruh pegawai pada Sabtu (28/4/2018) pekan lalu. Ia mengumumkan soal pengunduran diri dua pendiri (co-founder) Xiaomi, yakni Zhou Guangping dan Huang Jiangji.

Sebabnya tak dijelaskan secara detil, hanya dibilang berhubungan dengan urusan pribadi.

“Jajaran eksekutif Xiaomi menghormati dan memahami keputusan mereka. Kami juga ingin berterima kasih atas segala dedikasi dan kontribusi mereka selama ini. Kami berharap masa depan mereka sejahtera,” begitu tertera dalam surat internal.

Hengkangnya dua pendiri Xiaomi beriringan dengan rencana pabrikan tersebut untuk menawarkan saham umum perdana ( IPO).

Xiaomi dikatakan bakal mendaftar di bursa Hongkong dan menargetkan evaluasi senilai 100 miliar dollar AS (Rp 1.377 triliun).

Hanya saja, para an

Pendiri Xiaomi, Zhou Guangping.Xiaomi Pendiri Xiaomi, Zhou Guangping.
alis memprediksi debut Xiaomi di lantai bursa cuma bisa meraup valuasi 70 miliar dollar AS (Rp 972 triliun).

Dengan angka itu, Xiaomi bisa mencatat sejarah IPO baru sebagai perusahaan teknologi China kedua dengan valuasi terbesar setelah Alibaba Group.

Terlepas dari isu IPO, Xiaomi agaknya tak bisa lagi menahan dua pendirinya untuk menetap. Padahal, Zhou Guangping dan Huang Jianji bisa dibilang sebagai otak dan DNA Xiaomi.

Zhou Guangping adalah sosok penting di balik terbentuknya pusat riset dan pengembangan (R&D), serta produksi lini smartphone Xiaomi. Sebelum bergabung di Xiaomi, ia menjabat sebagai Director and Chief Engineer di R&D Center Motorola.

Pendiri Xiaomi, Huang Jiangji.Xiaomi Pendiri Xiaomi, Huang Jiangji.

Sementara itu, Huang Jianji adalah pionir hampir semua layanan dan strategi bisnis Xiaomi, termasuk Mi Cloud dan platform berbasis Internet of Things (IoT). Ia pernah bekerja di Microsoft selama 13 tahun, dari 1997 hingga 2010.

Dua posisi eksekutif Xiaomi yang kosong akan digantikan sementara oleh Chew Shou Zi yang saat ini sekaligus menjabat Chief Financial Operation (CFO). Menurut Lei Jun, Chew Shou Zi banyak berkontribusi untuk pengembangan Xiaomi sejak bergabung pertama kali pada 2015 lalu.

“Chew Shou Zi memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajemen bisnis yang sangat baik,” kata Lei Jun.

Dengan ditunjuknya Chew Shou Zi, tantangan sebagai eksekutif Xiaomi akan semakin besar. Ia bertanggung jawab tak hanya menaungi keuangan perusahaan, tetapi juga pengembangan produk, investasi, dan sumber daya manusia.

Sebeum bergabung ke Xiaomi, Chew Shou Zi bekerja di firma permodalan (venture capital) bertajuk “DST Global”. Selama di sana, ia menanam investasi ke Xiaomi, JD.com, Alibaba Group, Didi Chuxong, dan lainnya.

Baca juga : CEO Xiaomi Ungkap Rahasia Cara Jual Smartphone Murah

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PandaDaily

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X