Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alcatel-Lucent Ajak Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Mobile

Kompas.com - 05/05/2018, 10:55 WIB
Andi Hartik,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) menantang para developer untuk menciptakan aplikasi mobile dengan platform rainbow melalui ALE Hackathon 2018.

"Kita mengundang mahasiswa untuk sama-sama membangun konsep ide di sekitar platform rainbow ini," kata Country Manager ALE Indonesia, Adios Purnama di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, Kota Malang, Kamis (3/5/2018).

Menurut Adios, ALE Hackathon bisa diikuti oleh mahasiswa berbagai kampus dan komunitas developer di Indonesia.

Nantinya, para developer itu akan ditantang untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan di berbagai sektor. Seperti sektor pemerintahan, transportasi, pendidikan, perhotelan, dan kesehatan.

Adios mengatakan, sejauh ini Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengguna perangkat mobile terdepan di Asia dengan lebih dari 70 persen traffic internet digunakan melalui ponsel.

Dengan begitu, pengembangan aplikasi mobile memiliki kontribusi besar terhadap pemerintah dalam mewujudkan digitalisasi di setiap sektor.

"ALE Hackathon 2018 merupakan kontribusi kecil kami dalam mendukung program pemerintah merealisasikan ekonomi digital," katanya.

Kepala Jurusan Sistem Informasi, Universitas Brawijaya, Herman Tolle mengatakan, momen Hacktahon merupakan kesempatan untuk menggali potensi developer muda.

"Ini merupakan langkah positif untuk mengembangkan potensi para developer muda dan mendorong pertumbuhan komunitas developer," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com