Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Pro Bikin Apple Jadi Penguasa Pasar Tablet

Kompas.com - 05/05/2018, 10:58 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber IDC

KOMPAS.com - Apple hingga saat ini masih bertengger sebagai penguasa pasar tablet di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini menguasai lebih dari 28 persen pangsa pasar secara global, terpaut cukup jauh dari para pesaingnya.

Hal ini terlihat dari laporan yang dirilis oleh IDC beberapa waktu lalu. Dalam laporan ini disebutkan, pangsa pasar tablet yang dimiliki Apple didapat dari hasil penjualan sebanyak 9,1 juta unit iPad pada kuartal pertama awal tahun 2018 ini.

Dikutip KompasTekno dari IDC, Sabtu (5/5/2018), dari jumlah tersebut tercatat bahwa iPad Pro menjadi penyumbang terbesar untuk pangsa pasar tablet Apple ini.

Dari data yang dirilis IDC tercatat ada sebanyak 1,8 juta unit iPad Pro yang terjual selama tiga bulan pertama di 2018. Angka ini terbilang cukup tinggi dan menjadi penyumbang pendapatan terbesar Apple untuk sektor tablet.

Baca juga : iPad Pro 9,7 Inci Dijual Mulai Harga Rp 7,8 Juta

Berdasarkan data tersebut juga bahwa pangsa pasar Apple terus menanjak dari kuartal akhir tahun lalu. Pada akhir 2017, Apple tercatat memiliki pangsa sekitar hampir 27 persen dan pada 2016 di periode yang sama, Apple memiliki pangsa sebesar 24 persen.

Sedangkan Samsung masih memertahankan posisi kedua meskipun penjualan perangkat menurun 11,4 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

Samsung memang menjadi salah satu brand dari sedikit merek yang tersisa yang menawarkan tablet Android premium dengan jajaran Tab S-nya.

Pangsa pasar tablet milik Samsung tercatat sebesar 16,7 persen terpaut cukup jauh dengan Apple di peringkat pertama. Samsung pun diramalkan bakal cukup kesulitan mengejar angka penjualan iPad.

Pasalnya iPad memang telah menjadi tablet terlaris di dunia sejak memulai debutnya pada 2010 lalu. Para analis menilai bahwa iPad memiliki kelebihan dari sisi pengalaman penggunaan yang sulit untuk dimiliki tablet Android yang jadi pesaingnya.

Pertumbuhan yang cukup mengejutkan justru ditunjukkan oleh Huawei. Perusahaan asal China ini tumbuh 13 persen dari tahun ke tahun dan masih bertahan di posisi tiga besar pangsa pasar terbesar di kuartal awal tahun ini.

Amazon yang pada kuartal keempat akhir 2017 lalu menempati peringkat tiga besar malah tergelincir ke posisi kelima. Amazon memiliki pangsa pasar yang menurun dari kuartal sebelumnya yakni hanya sebesar 3,5 persen dari penjualan 1,1 juta unit tablet.

Berbeda dengan Amazon, Lenovo yang di akhir tahun lalu berada di peringkat kelima, pada awal tahun ini menanjak pangsa pasarnya. Setidaknya ia meraih sekitar 6,6 persen pangsa pasar dari penjualan 2,1 juta unit tablet.

Kendati beberapa merek mencatatkan adanya peningkatan penjualan, pasar tablet di dunia sejatinya terus merosot dari tahun ke tahun selama 13 kuartal berturut-turut.

Hingga kuartal keempat pada akhir 2017 lalu pengiriman tablet secara global jatuh 6,5 persen sebanyak 163,5 juta unit tahun 2017 dari 174,9 juta unit pada 2016.

Sementara itu, pada kuartal keempat tahun 2017, pasar tablet mengalami penurunan 7,9 persen year on year sebesar 49,6 juta unit yang dikirim ke seluruh dunia, dibandingkan dengan 53,8 juta unit pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga : 5 Vendor Smartphone Terbesar di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com