Bulan Puasa, Orang Indonesia Gemar Buka "Online Shop" di 2 Waktu Ini

Kompas.com - 07/05/2018, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan puasa (Ramadan) seringkali menjadi saat di mana terjadi lonjakan aktivitas jual beli. Tak terkecuali untuk aktivitas belanja online.

Ada sebuah kebiasaan menarik di bulan puasa, di mana konsumen ternyata doyan melihat-lihat alias browsing barang-barang yang mereka cari di toko online. Yang menarik, aktivitas ini banyak dilakukan saat sahur dan ngabuburit (menunggu waktu berbuka puasa).

Menurut Chief Marketing Officer Lazada, Achmad Alkatiri, pada jam-jam inilah kerap terjadi lonjakan trafik. Pasalnya pada jam ini konsumen memiliki waktu luang untuk mencari barang yang mereka inginkan.

"Jam 2 sampai jam 4 pagi terjadi lonjakan trafik. Ini orang-orang sepertinya setelah sahur sambil menunggu salat subuh, kemudian browsing" ungkap Achmad dalam acara sharing session di kantor Facebook Indonesia, Senin (7/5/2018).

CMO Lazada Achmad Alkatiri (kiri), market science leader Facebook Indonesia Adisti Latief (tengah), Henny Yuliandini (kanan) dalam acara sharing session di kantor Facebook indonesiaKOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo CMO Lazada Achmad Alkatiri (kiri), market science leader Facebook Indonesia Adisti Latief (tengah), Henny Yuliandini (kanan) dalam acara sharing session di kantor Facebook indonesia
"Kemudian saat jelang buka puasa. Mungkin mereka berpikir 'mau pulang tapi macet' kemudian sambil menunggu mereka browsing beberapa kategori. Ini juga yang menjadi trigger peningkatan trafik," lanjut Achmad.

Baca juga: WhatsApp Bakal Bisa Dipakai untuk Belanja?

Kendati demikian, Achmad tidak menerangkan seberapa besar lonjakan ini terjadi dibandingkan hari-hari biasa. Ia juga tidak menerangkan korelasi antara lonjakan traffic dengan angka transaksi. Oleh karena itu, Lazada dikatakannya tengah menyiapkan beberapa promo selama jam-jam tersebut.

"Biasanya window shopping. Makanya Insya Allah Lazada bakal punya flash sale di sahur juga (untuk mengonversi trafik menjadi angka transaksi)," ungkap Achmad.

Lazada sendiri optimistis akan tetap menjadi top of mind e-commerce di masyarakat, khususnya selama Ramadan ini. Pasalnya ada beberapa program yang tengah disiapkan untuk menyambut Ramadan, termasuk flash sale dan beberapa promo lainnya.

"Kami berusaha untuk mengetahui audiens. Kemudian ini dijadikan kategori dan strategi. Apa saja yang akan kami fokuskan untuk target audiens," kata Achmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.