Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejenak Menggenggam Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus

Kompas.com - 08/05/2018, 10:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

ULUWATU, KOMPAS.com - Galaxy A6 (2018) dan Galaxy A6 Plus telah resmi meluncur di Indonesia lewat acara yang digelar di Uluwatu, Bali, Senin (6/5/2018). Keduanya merupakan  smartphone andalan baru Samsung di segmen menengah.
 
IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia Jo Semidang mengatakan Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus ditargetkan untuk kaum “millenial” yang senang berkreasi dengan ponsel.
 
“Kenapa millenial? Karena mereka populasi konsumen terbesar di Indonesia. Kaum millenial tidak mau asal-asalan membeli smartphone, mereka ingin yang keren,” ujar Jo ketika memperkenalkan duo Galaxy A6 dan Galaxy A6 dalam acara.
 
Untuk menunjang hal tersebut, Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus dibekali sejumlah fitur andalan. Misalnya, dukungan audio Dolby Atmos lewat earphone yang diklaim memberikan tingkat “clarity” suara lebih maksimal.

Galaxy A6 Plus (kiri), memiliki layar lebih lebar dengan ukuran 6 inci, dibandingkan milik Galaxy A6 sebesar 5,6 inci. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy A6 Plus (kiri), memiliki layar lebih lebar dengan ukuran 6 inci, dibandingkan milik Galaxy A6 sebesar 5,6 inci.
 
Kamera depan Galaxy A6 yang beresolusi 16 megapiksel (f/1.9) turut dibekali lampu LED untuk mempermudah pemotretan maupun perekaman video saat kondisi minim cahaya. Begitupun dengan Galaxy A6 Plus, tapi resolusi kamera depannya lebih besar dengan angka 24 megapiksel (f/1.9).
 
Kamera utama Galaxy A6 memiliki resolusi 16 megapiksel dengan lensa berbukaan f/1.7. Unit kamera yang sama tertanam di Galaxy A6 Plus, ditambah kamera kedua dengan resolusi 5 megapiksel yang ditujukan khusus untuk membuat efek background blur (bokeh).
 
Selain kamera, ukuran fisik Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus juga berbeda. Galaxy A6 memiliki layar 5,6 inci, sementara Galaxy A6 Plus 6 inci. Baterai Galaxy A6 berkapasitas 3.000 mAh, sedangkan Galaxy A6 Plus 3.500 mAh.
 
Storage kedua perangkat sama-sama berkapasitas 32 GB, tapi kapasitas RAM berbeda, yakni 3 GB untuk Galaxy A6 dan 4 GB untuk Galaxy A6 Plus. Ada juga dukungan micro SD (dedicated slot) hingga 256 GB untuk Galaxy A6 dan 400 GB untuk Galaxy A6 Plus. 

Kamera ganda milik Galaxy A6 Plus bisa menghasilkan efek bokeh lewat fitur Live Focus. Galaxy A6 hanya dibekali kamra tunggal,KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera ganda milik Galaxy A6 Plus bisa menghasilkan efek bokeh lewat fitur Live Focus. Galaxy A6 hanya dibekali kamra tunggal,
Dapur pacu kedua ponsel menggunakan chip octa-core yang belum dijabarkan tipenya oleh Samsung Indonesia.
 
Informasi yang beredar di internet menyebutkan bahwa Galaxy A6 kemungkinan menggunakan chip Exynos 7870 1,6 GHz, sementara Galaxy A6 Plus ditenagai Snapdragon 450 1,8 GHz.
 
Lantaran sejumlah perbedaan di atas, Galaxy A6 Plus memiliki harga jual lebih tinggi, yakni Rp 4.899.000, dibandingkan Galaxy A6 yang dibanderol Rp 3.799.000. Kedua ponsel dijadwalkan mulai tersedia di semua kanal ritel dan e-commerce di Indonesia pada 3 Juni mendatang.
 
Seperti apa tampilan fisik keduanya? KompasTekno sempat menjajal Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus barang sejenak dalam acara peluncurannya di Uluwatu, Bali. Simak hasil penelusuran singkatnya dalam rangkaian foto di tautan berikut. 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com