Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Go-Pay Bisa Dipakai Bayar Makanan di Warung, Caranya?

Kompas.com - 08/05/2018, 16:57 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca tujuh bulan diuji coba, metode pembayaran QR Code pada layanan dompet digital Go-Pay milik Go-Jek akhirnya beroperasi.

Pantauan KompasTekno, Selasa (8/5/2018), beberapa warung makan pinggir jalan di area Kebon Sirih, Jakarta, sudah mengimplementasikan metode pembayaran ini.

Artinya, pengguna Go-Pay bisa makan di warung tanpa mengeluarkan uang tunai atau istilahnya “cashless”

Baca juga : Warung di Kebon Sirih Jakarta Kini Terima Pembayaran Pakai Go-Pay

Syaratnya adalah memiliki saldo Go-Pay pada aplikasi Go-Jek, serta terhubung dengan jaringan internet seluler.

Menurut Chief Corporate Affairs Go-Jek, Nila Marita, metode pembayaran dengan QR Code via Gopay bertujuan merangkul lebih banyak lapisan masyarakat. Di antaranya termasuk pengusaha mikro seperti pedagang kaki lima.

“Hal ini sejalan dengan semangat pemerintah untuk mewujudkan cashless society,” kata dia via pesan singkat.

Lantas, seperti apa tahapan melakukan pembayaran makanan di warung pinggir jalan via Go-Pay?

Langkah 1 pembayaran dengan QR Code pada Go-Pay.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Langkah 1 pembayaran dengan QR Code pada Go-Pay.
Pertama, pastikan Anda memiliki saldo Go-Pay yang cukup di aplikasi Go-Jek untuk Android maupun iOS. Selanjutnya, pilih opsi “Scan QR” di sisi atas aplikasi untuk membuka kamera pemindaian.

Arahkan kamera tersebut ke QR Code yang tertempel di warung atau outlet yang mendukung pembayaran dengan Go-Pay. Aplikasi Go-Jek akan mengidentifikasi warung atau outlet tersebut.

Silakan masukkan nominal pembayaran makanan Anda, lalu tekan “Confirm”. Layar akan memunculkan sekali lagi nilai transaksi dan tekan “Pay” jika sudah benar.

Langkah 2 pembayaran dengan QR Code pada Go-Pay.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Langkah 2 pembayaran dengan QR Code pada Go-Pay.
Aplikasi Go-Jek akan meminta Anda memasukkan password akun untuk memastikan identitas. Terakhir, Anda akan diberi tahu bahwa transaksi berhasil.

Bersamaan dengan itu, penjual akan menerima pesan dari Go-Jek bahwa transaksi sukses. Hal ini untuk meyakinkan penjual, sekaligus mempermudah catatan pemasukan.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com