Kompas.com - 09/05/2018, 08:53 WIB
Aplikasi MSN di Windows Phone The Digital LifestyleAplikasi MSN di Windows Phone
|

KOMPAS.com - Windows Phone maupun Windows 10 Mobile memang sudah "dimatikan" oleh Microsoft. Proyek ini tak dilanjutkan lagi lantaran kalah saing dengan Android dan iOS.

Kendati demikian, ambisi Microsoft untuk merambah dunia mobile sepertinya masih belum surut.

Kali ini perusahaan besutan Bill Gates itu meluncurkan Windows Timeline yang bakal terintegrasi dengan Microsoft Launcher pada Android dan Edge pada iOS.

Windows Timeline sejatinya adalah fitur unggulan dari Windows 10 yang memungkinkan pengguna melanjutkan berbagai pekerjaan dari perangkat yang berbeda.

Jadi misalnya, pengguna tengah membuka aplikasi atau situs web tertentu lewat perangkat A, maka dengan mudah pengguna akan melanjutkannya di perangkat B atau C.

Awalnya fitur ini hanya terbatas pada perangkat komputer saja. Dengan dirilisnya Windows Timeline untuk iOS dan Android, maka kini bisa dilakukan lintas gadget.

"Microsoft Launcher di Android juga akan mendukung Timeline untuk peluncuran aplikasi lintas perangkat," tulis Microsoft seperti dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (9/5/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Windows Timeline juga bakal hadir pada perangkat iOS yakni iPhone dan iPad meski kemampuannya lebih terbatas. Pasalnya Apple tak memberikan izin pada pengembang untuk mengubah tampilan antarmukanya melalui launcher.

Microsoft memungkinkan pengguna iOS untuk melanjutkan pekerjaannya lewat browser Edge atau menu "continue on PC". Memang sedikit lebih rumit dari Android tetapi pengguna dijanjikan akan merasakan pengalaman yang sama.

"Besok, kami akan menunjukkan bagaimana akhir tahun ini Anda akan dapat mengakses Timeline yang sama dengan Microsoft Edge," tulis Microsoft.

Windows Timeline sejatinya adalah salah satu fitur unggulan pada Windows 10. Untuk versi PC atau desktop, Timeline memungkinkan pengguna untuk melihat apa saja yang telah dikerjakan selama 30 hari ke belakang.

Fitur ini dipercaya dapat mempermudah penggunanya untuk memantau apa saja yang pernah dimuat pada perangkat komputernya. Atau ketika pengguna kehilangan dokumen, maka dengan Timeline ini pengguna akan lebih mudah menemukan dokumen tersebut.

Baca juga : Microsoft Siapkan Windows 10 Lean

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.