Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FaceID di iPhone X Bermasalah, Apple Malah Perintahkan Cek Kamera Belakang

Kompas.com - 09/05/2018, 10:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple secara tidak langsung mengakui bahwa iPhone X, tepatnya fitur Face ID di dalamnya, memiliki sebuah cacat yang cukup serius. Selain itu ada juga informasi misterius yang muncul di sela kecacatan tersebut.

Pengakuan Apple terindikasi dari memo kebijakan servis dan penggantian perangkat yang diedarkan ke berbagai pusat servis resmi perusahaan.

Di dalamnya disebutkan bahwa pusat servis resmi harus memperbaiki iPhone X yang dikeluhkan bermasalah atau memberi ganti perangkat baru jika masalah itu tidak bisa diperbaiki.

"Untuk memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan, jika seorang pelanggan melaporkan adanya masalah pada Face ID, maka Anda diperbolehkan menyelesaikannya dengan perbaikan pada kamera belakang," demikian cuplikan memo tersebut, sebagaimana bocoran yang dilansir KompasTekno melalui MacRumors, Rabu (9/5/2018).

"Jalankan AST 2 pada perangkat pengguna untuk mengecek kamera tersebut. Jika diagnosis menemukan adanya masalah, lalukan perbaikan untuk mengetahui apakah bisa dipulihkan. Jika tidak berhasil maka gantilah seluruh unit tersebut," imbuhnya.

Namun ada hal yang misterius, bahkan cenderung aneh pada memo perintah perbaikan itu. Di dalamnya diinstruksikan bahwa perbaikan Face ID mesti dilakukan dengan mengecek kamera belakang iPhone X.

Padahal fitur Face ID sebenarnya berfungsi memindai wajah pemilik iPhone X memakai teknologi TrueDepth di kamera depan.

Apple sendiri tidak berkomentar mengenai kaitan Face ID dengan kamera belakang, juga tidak mengumumkan program servis resmi pada pemilik iPhone X. Sementara itu memo perbaikan tersebut merupakan perintah internal yang bocor ke publik.

Sebelumnya, pasca perilisan iPhone X ada cukup banyak keluhan mengenai teknologi Face ID di dalamnya. Beberapa di antaranya mengeluh karena kunci berdasarkan wajah itu bisa dibuka oleh orang lain. Ada yang dibuka oleh anaknya, saudaranya, atau dibuka oleh orang yang menggunakan topeng.

Baca juga : Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com