Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Dibilang Jiplak iPhone, Poni di LG G7+ Bisa Dihilangkan

Kompas.com - 09/05/2018, 17:43 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren ponsel berponi semakin marak di pasar ponsel pintar. Tak sedikit vendor yang mendesain ponsel-ponselnya dengan notch (poni) pada bagian atas layar menyerupai iPhone X yang pertama kali mengusung desain ini.

LG pun demikian. Vendor smartphone asal Negeri Ginseng ini menyematkan "poni" pada ponsel flagship teranyarnya, yakni G7+ ThinQ. Namun, LG enggan disebut meniru tampilan yang dipopulerkan iPhone X ini.

"Kami tidak pernah menjiplak iPhone. Kami selalu berusaha membuat yang lebih baik," ungkap Jang Hee Gyun Head of Mobile Communications Division LG Electronics Indonesia saat memperkenalkan ponsel teranyarnya di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

"Rumor yang beredar adalah gambar LG G7+ ThinQ dengan poni. Tapi sebenarnya ponsel ini memiliki dua mode yakni mode standar dan mode full view. Untuk mode full view, poni tersebut akan hilang. Ini yang membedakan," lanjut Jang.

KompasTekno pun sempat mencoba ponsel yang belum hadir di Indonesia ini. Jang kemudian menunjukkan bagaimana cara agar poni pada LG G7+ ThinQ bisa dihilangkan.

"Tinggal masuk setting, kemudian pilih menu display. Tinggal nyalakan mode full view lalu poni bakal hilang," lanjutnya.

Saat KompasTekno mencoba mode ini, memang benar poni yang tersemat pada bagian atas flagship teranyar LG ini menghilang. Namun sebagai gantinya, ukuran layar tersebut agak sedikit mengecil, menyesuaikan dengan letak notch yang dinonaktifkan tadi.

"Kami punya dua desain untuk ponsel ini. Ini yang akan jadi unique selling point di LG G7+ ThinQ," kata Jang.

LG G7+ ThinQ sendiri baru saja diperkenalkan secara global pada pekan lalu. Ponsel ini dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia, namun LG masih enggan untuk berkomentar soal tanggal masuk dan berapa harga banderol ponsel ini di Indonesia nantinya.

LG G7+ ThinQ digadang-gadang sebagai ponsel dengan peningkatan signifikan dari pendahulunya, baik itu dari sisi hardware maupun software.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang kabarnya bakal jadi ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor ini. Kemudian versi yang dibawa ke Indonesia adalah varian dengan spesifikasi tertinggi yang mengandalkan RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Mengusung branding ThinQ, smartphone yang diboyong ke Indonesia ini membawa sejumlah fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) termasuk AI Cam yang bisa mengidentifikasi objek dan mengatur settingan kamera sesuai objek tersebut.

Pada sektor kamera, LG G7+ ThinQ juga telah mengusung kamera ganda pada bagian belakang. Satu kamera ganda ini memiliki sudut pandang lebar, 71 derajat. lensa f/1.6, phase detection. Kemudian kamera kedua hadir dengan lensa ultra wide selebar 107 derajat, bukaan f/1.9.

Baca juga : LG G7 ThinQ Meluncur, Berponi dan Usung Fitur AI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com