Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Jadi Angkutan Resmi Asian Games 2018

Kompas.com - 10/05/2018, 11:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grab resmi menjadi partner perhelatan olah raga internasional Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, Agustus nanti. Hal itu disampaikan oleh Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata.

Saat ini, menurut Ridzki, Grab tengah menyiapkan sejumlah rencana untuk turut memuluskan penyelenggaraannya, termasuk lokasi-lokasi titik penjemputan (pickup) dan penurunan (drop off) penumpang, baik di Jakarta dan Palembang.

Untuk hal yang satu ini, Grab berkoordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) serta Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) .

"Setiap minggu kami koordinasi. Nanti ada rekayasa traffic dan perjalanan pada saat Asian Games, dan diadakan juga titik-titik penjemputan dan drop-off tertentu," jelas Ridzki, ditemui usai sosialisasi ganjil-genap untuk angkutan sewa khusus, di Jakarta, Rabu (9/5/2018) sore.

Baca juga: Grab Akuisisi Uber, Bagaimana Nasib Pengguna dan Driver Uber di Indonesia?

Kendati demikian, dia belum mengungkap rincian lokasi titik jemput dan drop-off yang dimaksud. Jumlah totalnya pun disebut masih dalam pembahasan.

Sebagai persiapan lain, Ridzki mengatakan saat Asian Games 2018, berlangsung para penumpang bakal bisa membayar non-tunai, atau menggunakan Grab Pay.

Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut, apakah hal itu berarti uang elektronik buatan Grab memang sudah kembali diaktifkan seutuhnya atau bukan. "Insya allah bisa," ujarnya singkat.

Grab Pay sendiri sempat dibekukan oleh Bank Indonesia (BI) pada akhir 2017 lalu. Selepas pembekuan tersebut, Grab bekerja sama dengan OVO, yakni aplikasi uang elektronik milik Lippo Group yang telah mengantongi lisensi dari BI.

Adapun sekarang, saldo Grab Pay masih belum bisa diisi ulang. Pengguna cuma bisa memakainya dengan cara menyambungkan Grab Pay dengan kartu kredit atau Mandiri e-Cash.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com