Galaxy J2 Core, Ponsel Android Go Pertama Samsung? - Kompas.com

Galaxy J2 Core, Ponsel Android Go Pertama Samsung?

Kompas.com - 11/05/2018, 14:22 WIB
Logo SamsungVenture Beat Logo Samsung

KOMPAS.com - Sejak pertama kali diperkenalkan, sistem operasi Android Go sepertinya masih minim peminat. Namun Samsung dikabarkan tengah menyiapkan perangkat yang bakal mengakomodir sistem operasi Android yang lebih ringan ini.

Vendor ponsel asal Negeri Ginseng ini diketahui telah mengajukan merek dagang terbaru untuk lini ponsel seri J-nya, pada lembaga paten di Korea Selatan (KIPRIS).

Dalam surat aplikasi yang diajukan pada 4 Mei kemarin tersebut, tercantum bahwa model yang akan segera diproduksi adalah seri Galaxy J2 Core.

Dikutip KompasTekno dari Letsgodigital, Jumat (11/5/2018), besar kemungkinan perangkat ini bakal mengadopsi sistem operasi Android Go yang jauh lebih ringan daripada Android pada umumnya.

Pasalnya pada bulan April lalu, dari sebuah database yang dimiliki GeekBench diduga bahwa Samsung memang tengah membuat lini ponsel yang berbasis Android Go.

Spesifikasi rendah

Database tersebut memperlihatkan sebuah rancangan ponsel dengan kode SM-J260G dengan mengusung motherboard bernama "7570universal_go". Dari kedua data inilah dugaan J2 Core Android Go bakal segera dirilis terus menguat.

Baca juga: Nokia 1, Ponsel Android Go Pertama Nokia Dijual Rp 1 Jutaan

Dari hasil uji benchmark diketahui juga bahwa ponsel ini bakal memiliki spesifikasi rendah, seperti prosesor quad-core berkecepatan 1,43 Ghz dan ditopang oleh RAM dengan besaran hanya 1 GB.

Kendati demikian sesuai dengan spesifikasinya, ponsel ini diramalkan bakal dijual dengan harga yang cukup murah. Meski begitu belum jelas berapa banderol yang bakal disematkan pada Galaxy J2 Core ini dan kapan akan mulai diperkenalkan.

Namun jika melihat dari spesifikasinya, besar kemungkinan perangkat ini bakal berada di range harga yang tak jauh dengan smartphone yang berbasis Android One. 

Selain itu diduga kuat juga bahwa perangkat Galaxy J2 Core ini bakal segera menggantikan seri J2 yang telah diproduksi sebelumnya.

Android Go sendiri merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end. Sesuai fungsinya, meski sudah berbasis Oreo, sistem operasi ini didesain untuk berjalan optimal pada smartphone dengan RAM 512MB atau 1GB.

Baca juga: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

Nokia pun sudah mengumumkan perangkat anyarnya yang berjalan dengan sistem operasi Android Go yakni Nokia 1. Kemudian beberapa vendor lain seperti ZTE dan Alcatel juga bakal merilis ponsel serupa.



Close Ads X