iOS 11.4 Matikan Port USB di iPhone yang Terkunci

Kompas.com - 11/05/2018, 17:11 WIB

KOMPAS.com - Apple sedang mengembangkan teknologi USB Restricted Mode yang memungkinkan sistem operasi iOS mengunci port USB (lightning) di iPhone, sehingga tidak bisa dipakai memindahkan data.

Fitur ini ditemukan oleh para peneliti Elcomsoft. Mereka menemukannya ada di dalam kode pemrograman iOS 11.4, yang saat ini masih dalam versi beta untuk developer. Versi public beta akan dirilis dalam beberapa hari ke depan.

Teknologi USB Restricted Mode baru aktif setelah layar iPhone dikunci dan sama sekali tidak dibuka selama tujuh hari berturut-turut. Jika pengguna membuka kunci layar, maka kunci USB juga otomatis terbuka lagi.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari Techcrunch, Jumat (11/5/2018), kunci USB ini berguna untuk mencegah data dalam iPhone diambil tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Baca juga: Apple Resmikan Sekolah Pemrograman iOS Gratis di Tangerang

Pasalnya, dalam kondisi normal, saat iPhone terhubung ke komputer atau perangkat lain, maka akan terjadi pertukaran data yang membuat keduanya saling mengenali, bisa menyalin data serta perintah lain. Orang akan bisa memanfaatkan kondisi ini untuk masuk dan mengambil data dari iPhone yang layarnya terkunci.

Tapi jika teknologi USB Restricted Mode aktif, maka port lightning di iPhone hanya bisa dipakai untuk mengisi ulang daya. Tidak ada pertukaran data, sehingga upaya membobol melalui USB pun akan sia-sia.

Keberadaan teknologi tersebut bakal menyulitkan para penegak hukum hingga pencuri yang memang berniat mengekstrak data dari iPhone. Apalagi sebelumnya, para penegak hukum di Amerika Serikat telah berhasil mendapatkan software yang bisa membukan kunci iPhone hasil sitaan dari pelaku kejahatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.