Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Salah Kirim di WhatsApp Tetap Terbaca Jika Penerima "Offline"

Kompas.com - 14/05/2018, 10:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan, WhatsApp memperpanjang batas waktu hapus pesan untuk semua orang atau "delete for everyone". Namun, update kali ini bukan ditujukan untuk pengirim pesan, melainkan si penerima pesan.

WhatsApp memperpanjang durasi untuk si penerima pesan yang telah dihapus, menjadi satu hari satu jam delapan menit 16 detik. Batas waktu bagi penerima pesan sebelumya hanya satu hari.

Menurut akun WABetaInfo yang kerap tepat membocorkan fitur baru WhatsApp, pembaruan ini baru bisa digunakan di perangkat Android secara terbatas, seperti dilansir KompasTekno dari Uber Gizmo, Senin, (14/5/2018).

Update ini mungkin cukup membingungkan. Sederhananya, pengirim pesan tetap bisa menghapus pesan dalam rentang waktu satu jam delapan menit 16 detik, seperti sebelumnya.

Namun, jika penerima pesan tidak menerima permintaan pencabutan pesan dalam kurun waktu 25 jam, delapan menit, 16 detik, maka pesan yang dihapus pengirim tidak akan terhapus alias tetap bisa terbaca penerima.

Permintaan pencabutan pesan bisa tidak sampai ke penerima karena sedang offline. Bisa karena koneksi internet yang buruk, ponsel sedang dimatikan, sedang dalam perjalanan udara, atau sebab lainnya.

Contohnya, pengguna A mengirim pesan ke rekannya B dan ternyata "salah kamar". Pesan tersebut langsung dihapus pada menit pertama. Saat pesan itu dikirim dan dihapus, pengguna B sedang melakukan perjalanan ke luar negeri dan tidak berhubung ke internet selama 26 jam hari.

Saat B kembali online, WhatsApp tetap mengirim pesan yang sebenarnya sudah ditarik pengirim. Tetap dikirim karena sudah melebihi batas waktu baru, 25 jam 8 menit 16 detik.

Baca juga: Salah Kirim WhatsApp 1 Jam Bakal Bisa Ditarik

Sebelumnya, WhatsApp lebih dulu memperpanjang durasi fitur "delete fof everyone" dari sisi pengirim pesan menjadi satu jam delapan menit 16 detik, dari semula hanya tujuh menit.

Baca juga: Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Ternyata Bisa Tetap Muncul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Uber Gizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com