Kompas.com - 14/05/2018, 11:44 WIB
Cryptocurrency on a circuit board Thinkstockphotos.comCryptocurrency on a circuit board

KOMPAS.com - Meksipun melarang iklan cryptocurrency atau mata uang digital beredar di platformnya, bukan berarti Facebook benar-benar anti dengan bitcoin dan sejenisnya.

Facebook dikabarkan bersiap membuat mata uang virtualnya sendiri, meski belum diketahui kapan resmi diumumkan.

"Seperti perusahaan lain, Facebook sedang menjajaki cara memanfaatkan kekuatan teknologi blockchain", kata juru bicara Facebook, seperti dihimpun KompasTekno dari CNBC, Minggu (13/5/2018).

Rencana Facebook membuat cryptocurrency bukan pertama kali menyeruak. Namun sepertinya, Facebook kali ini tampak lebih serius untuk merealisasikannya.

Baca juga: Facebook Tunjuk Bos Baru untuk Instagram, WhatsApp, dan Messenger

Di awali dengan penunjukan Mike Schroepfer untuk memangku jabatan Head of New Platform and Infrastructure, setelah Facebook merombak besar-besaran internal perusahaan.

Schroepfer yang sebelumnya menjabat sebaga Chief Technology Officer akan bertanggung jawab mengembangkan produk jangka panjang perusahaan termasuk blokchain. Sebagai informasi, blockchain merupakan teknologi dasar dalam pengoperasian cryptocurrency.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Blockhain memiliki sistem penyimpanan catatan yang terdesentralisasi. Sistem ini diyakini bisa membantu Facebook keluar dari masalahnya akhir-akhir ini seperti verifikasi identitas atau penjualan iklan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Facebook belum mengumumkan kapan akan meluncurkan cryptocurrency buatannya. Facebook juga disebut belum memiliki rencana menggelar penawaran perdana koin digital atau yang umum disebut ICO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.