Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bakal Buat Mata Uang Digital Sendiri?

Kompas.com - 14/05/2018, 11:44 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Meksipun melarang iklan cryptocurrency atau mata uang digital beredar di platformnya, bukan berarti Facebook benar-benar anti dengan bitcoin dan sejenisnya.

Facebook dikabarkan bersiap membuat mata uang virtualnya sendiri, meski belum diketahui kapan resmi diumumkan.

"Seperti perusahaan lain, Facebook sedang menjajaki cara memanfaatkan kekuatan teknologi blockchain", kata juru bicara Facebook, seperti dihimpun KompasTekno dari CNBC, Minggu (13/5/2018).

Rencana Facebook membuat cryptocurrency bukan pertama kali menyeruak. Namun sepertinya, Facebook kali ini tampak lebih serius untuk merealisasikannya.

Baca juga: Facebook Tunjuk Bos Baru untuk Instagram, WhatsApp, dan Messenger

Di awali dengan penunjukan Mike Schroepfer untuk memangku jabatan Head of New Platform and Infrastructure, setelah Facebook merombak besar-besaran internal perusahaan.

Schroepfer yang sebelumnya menjabat sebaga Chief Technology Officer akan bertanggung jawab mengembangkan produk jangka panjang perusahaan termasuk blokchain. Sebagai informasi, blockchain merupakan teknologi dasar dalam pengoperasian cryptocurrency.

Blockhain memiliki sistem penyimpanan catatan yang terdesentralisasi. Sistem ini diyakini bisa membantu Facebook keluar dari masalahnya akhir-akhir ini seperti verifikasi identitas atau penjualan iklan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Facebook belum mengumumkan kapan akan meluncurkan cryptocurrency buatannya. Facebook juga disebut belum memiliki rencana menggelar penawaran perdana koin digital atau yang umum disebut ICO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com