Selamat dari Serangan Jantung, Kakek Kirim Surat ke Bos Apple - Kompas.com

Selamat dari Serangan Jantung, Kakek Kirim Surat ke Bos Apple

Kompas.com - 14/05/2018, 19:05 WIB
Fitur Health di dalam Apple WatchMacWorld Fitur Health di dalam Apple Watch

KOMPAS.com - Apple Watch lagi-lagi telah menyelamatkan nyawa seseorang. Kali ini yang diselematkan adalah Gaston D'Aquino, seorang kakek 76 tahun yang nyaris terkena serangan jantung.

Gaston menuliskan cerita mengenai penyelamatannya itu dalam sebuah surat kepada CEO Apple, Tim Cook. Surat itu juga dibalas oleh Cook, yang mengatakan bahwa dirinya lega peringatan di Apple Watch telah membantu menyelamatkan sang kakek.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (14/5/2018), penyelamatan Gaston bermula dari sebuah peristiwa yang terjadi saat dia duduk di dalam sebuah gereja. Saat itu tanggal 1 April 2018, dia merasa sehat dan tidak ada keanehan sama sekali.

Namun tanpa diduga, Apple Watch yang bertengger di pergelangan tangannya bergetar. Lalu keluar peringatan yang menyebutkan bahwa rata-rata detak jantung Gaston terlalu tinggi.

"Arloji saya bergetar dan saya bisa melihat pesan itu. Saya belum menanggalkannya sama sekali. Itu salah satu hal baik dari arloji pintar itu -dia menempel pada dirimu. Dia terus mengawasimu setiap waktu," tulisnya dalam surat tersebut.

Sang kakek kemudian memeriksakan diri ke Rumah Sakit, menceritakan pada dokter mengenai alarm serta peringatan di Apple Watch miliknya, dan menjalani Electrocardiogram (EKG). Kemudian diketahui bahwa dua dari tiga arteri koronernya tersumbat, sedangkan satu lagi 90 persen tersumbat.

Setelah diagnosa tersebut Gaston menjalani prosedur balloon angioplasty dan selamat dari kemungkinan serangan jantung. Dia juga membelikan Apple Watch untuk istrinya, dan teman-teman yang mendengar ceritanya pun ikut-ikutan membeli.

"Dengarkan peringatan yang muncul. Saat itu saya bisa saja memilih makan siang. Tapi saya memilih pergi ke rumah sakit. Arloji itu memberi Anda pilihan. Jika tidak menjaga diri Anda sendiri, tidak ada orang lain yang melakukannya," demikian pesan Gaston.



Close Ads X