Kompas.com - 15/05/2018, 10:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata meraup pendapatan Rp 5,5 triliun sepanjang kuartal I-2018. Angka itu tumbuh 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Layanan data berkontribusi paling besar terhadap total pendapatan, yakni 77 persen. Persentase itu naik 29 persen dari tahun ke tahun.

Menurut CEO XL Axiata, Dian Siswarini, inovasi produk dan peningkatan kualitas jaringan data adalah kunci pertumbuhan kinerja perusahaan. Selain itu, penetrasi smartphone yang semakin luas pun menjadi kunci.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari tetap berfokusnya kami pada strategi untuk memperkuat proposisi layanan data, melalui penerapan dual-brand yang disertai dengan penguatan jaringan secara berkelanjutan, termasuk pembangunan jaringan data secara masif di luar Jawa,” kata dia dalam pernyataan resmi, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (15/5/2018).

Baca juga: Palapa Ring Timur Diharapkan Menarik Indosat dan XL Masuk Papua

Laba bersih anjlok

Meski pendapatannya meningkat, laba bersih XL Axiata anjlok 67 persen dari tahun ke tahun. Operator bernuansa biru tersebut hanya mengantongi laba bersih Rp 15 miliar pada kuartal I-2018, dibandingkan Rp 47 miliar pada kuartal I-2017.

Hal ini disebabkan peningkatan anggaran operasional sebesar 3 persen dari tahun ke tahun, menjadi Rp 3,5 triliun sepanjang tiga bulan pertama tahun ini.

Lebih rinci, pengeluaran interkoneksi meningkat 26 persen, berbarengan dengan pengeluaran untuk gaji karyawan yang membengkak 2 persen.

Pengeluaran untuk penjualan dan pemasaran juga meningkat tajam mencapai 110 persen. Sementara itu, anggaran yang keluar untuk infrastruktur menurun 1 persen dibandingkan tahun lalu.

Masih kuat

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.