Kompas.com - 15/05/2018, 14:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Gmail belakangan banyak mendapat pembaruan. Setelah tampilannya dirombak besar-besaran, layanan e-mail dari Google tersebut kini mendapat tambahan fitur bernama “Nudges” yang bisa mengingatkan pengguna untuk membalas e-mail lama.

Caranya “mencolek” (nudge) pengguna adalah dengan menampilkan teks notifikasi berwarna oranye di samping tulisan subyek e-mail yang bersangkutan. Bunyinya seperti “diterima 3 hari lalu. Balas sekarang?”.

“Dengan begini, Gmail akan ‘mencolek’ pengguna untuk membalas e-mail yang mungkin terlewat, dan melakukan follow-up e-mail yang belum mendapatkan respons dari penerima,” tulis Google dalam laman blog berisi pengumuman.

Menurut Google, fitur baru Gmail ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan diharapkan bisa membantu pengguna.

Baca juga: Gmail Bakal Punya Fitur seperti di Film Mission Impossible

Teks nudges dalam Gmail tampilan baru untuk mengingatkan pengguna untuk membalas e-mail lama. Google Teks nudges dalam Gmail tampilan baru untuk mengingatkan pengguna untuk membalas e-mail lama.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (15/5/2018), Nudges secara default diaktifkan dalam Gmail versi baru dengan tampilan anyar.

Tapi, apabila dirasa mengganggu, pengguna bisa mematikannya dengan membuka menu Settings,lalu menghilangkan tanda centang di dua boks di bagian “Nudges”.

Kedua boks tadi fungsinya adalah mengaktifkan fitur pengingat e-mail yang belum dibalas dan ditindaklanjuti.

Google berencana menggulirkan Nudges untuk para pengguna Gmail di seluruh dunia, dalam beberapa hari ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.