Menguji Kecepatan Internet Palapa Ring Barat - Kompas.com

Menguji Kecepatan Internet Palapa Ring Barat

Kompas.com - 15/05/2018, 15:29 WIB
Jalur Palapa Ring Paket Barat yang telah rampung dibentangkan pada 11 Maret 2018.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Jalur Palapa Ring Paket Barat yang telah rampung dibentangkan pada 11 Maret 2018.

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Proyek Palapa Ring dari Kemenkominfo menjanjikan hadirnya internet cepat di daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Proyek ini dibagi menjadi tiga wilayah, yakni barat, tengah dan timur.

Palapa Ring Paket Barat sudah rampung sejak 11 Maret lalu. Lantas apakah benar proyek ini membawa internet kecepatan tinggi?

Pada Senin (14/5/2018), KompasTekno bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika berkesempatan menyambangi salah satu titik alias landing point di mana Palapa Ring Barat dikerjakan, tepatnya di daerah Pantai Palapa, Singkawang.

Pada titik itu, KompasTekno melakukan pengujian kecepatan dengan menggunakan aplikasi Speedtest yang telah terpasang pada ponsel Android.

Hasil uji Speedtest jaringan Palapa Ring Barat di Singkawang, Senin (14/5/2018).KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Hasil uji Speedtest jaringan Palapa Ring Barat di Singkawang, Senin (14/5/2018).
Hasilnya, kecepatan internet di landing point Pantai Palapa Singkawang mencapai lebih dari 30 Mbps. Pengujian dilakukan menggunakan WiFi publik yang terhubung dengan jaringan Palapa Ring.

Selain itu, KompasTekno juga melakukan pengujian streaming video dengan kualitas tertinggi (Full HD). Hasilnya, memang tidak ada buffer yang membuat video tersendat.

Bahkan kualitas video pun stabil tanpa perlu diturunkan ke yang lebih rendah.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, kecepatan tersebut akan lebih maksimal jika dilakukan pengujian dengan menggunakan kabel, bukan WiFi.

Pasalnya penggunaan kabel dikatakan Rudiantara membuat koneksi internet lebih stabil ketimbang WiFi.

"Itu baru pakai WiFi. Coba pakai kabel yang lebih stabil. Bisa lebih cepat," kata Rudiantara di sela-sela kunjungan.

Baca juga: Kabel Optik Palapa Ring Akan Diulur di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Sebagai informasi, Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar), berupa pembangunan kabel optik yang membentang ke seluruh Indonesia.

Palapa Ring Barat, panjang kabel membentang total lebih dari 2.200 kilometer. Proyek ini ditargetkan rampung pada akhir 2018, di mana kecepatan internet yang dipatok mencapai 10 Mbps di wilayah pedesaan, dan 20 Mbps di perkotaan.

Palapa Ring Barat menjangkau lima kabupaten di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Kelima wilayah tersebut merupakan wilayah yang dianggap tidak layak secara finansial.

Selain lima kabupaten tersebut, Proyek Palapa Ring Paket Barat juga akan menjangkau enam kabupaten/kota yang merupakan titik interkoneksi dengan jaringan tulang punggung serat optik, yang telah dibangun oleh operator telekomunikasi. Salah satunya adalah Kota Singkawang yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat.



Close Ads X