Tiga Bulan Laba Apple Lebih Besar dari Seumur Hidup Amazon - Kompas.com

Tiga Bulan Laba Apple Lebih Besar dari Seumur Hidup Amazon

Kompas.com - 16/05/2018, 10:37 WIB
Logo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat.Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Logo Apple terpampang di tepi gedung Apple Store Union Square, San Francisco, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Dengan kapitalisasi pasar sebesar 879 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 12.000 triliun, Apple adalah perusahaan paling bernilai di dunia. Pabrikan gadget berambang buah apel tergigit ini adalah mesin duit.

Pada kuartal fiskal kedua 2018 yang berakhir pada bulan Maret lalu, misalnya, Apple membukukan laba bersih senilai 13,8 miliar dollar AS.

Angka itu jauh lebih besar dibandingkan raksasa e-commerce Amazon.com sekalipun yang mencatat net income 1,6 miliar dollar AS di periode yang sama.

Bahkan, laba bersih yang dihasilkan Amazon sepanjang 21 tahun sejarahnya, yakni sebesar 9,6 miliar dollar AS, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari CNBC, Rabu (16/5/2018), masih kalah banyak dibandingkan net income Apple selama tiga bulan tadi.

Setelah Apple mengumumkan laporan keuangan terbarunya itu pada awal bulan ini, Investor Warren Buffet berkomentar bahwa Apple merupakan "perusahaan yang luar biasa".

"Kalau Anda lihat Apple, saya pikir perusahaan itu menghasilkan hampir dua kali pendapatan perusahaan di AS yang duduk di urutan berikutnya soal menghasilkan profit," komentar Buffet yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

Meski demikian, analis Goldman Sachs Heath Terry mengatakan bahwa Amazon masih berada dalam "tahap awal" di sejumlah wilayah kunci, khususnya soal e-commerce dan cloud computing.

"Kita masih di tahap awal dari pergeseran komputasi ke cloud dan transisi ritel tradisional ke online. Menurut kami, pasar masih memandang rendah potensi finansial jangka panjang dari kedua hal ini untuk Amazon," ujar Terry.


PenulisOik Yusuf
SumberCNBC

Close Ads X