Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Uji Coba Mode "Menyamar", Apa Fungsinya?

Kompas.com - 16/05/2018, 14:57 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mode “incognito” atau menyamar, memungkinkan pengguna memakai aplikasi online seperti peramban (browser) tanpa dibuntuti aneka macam tracker. Aktivitasnya pun tak tercatat dalam log history.

Fitur perlindungan privasi yang awalnya dipelopori oleh browser ini agakya bakal diterapkan pula oleh YouTube. Indikasinya adalah kemunculan opsi baru bernama “Turn on Incognito” di menu akun sebagian pengguna aplikasi YouTube.

Namun, sifatnya mungkin masih ujicoba karena baru segelintir pengguna aplikasi YouTube bisa menemukan opsi anyar tersebut.

Menu di pojok kanan atas itu untuk sekarang memuat pilihan “Switch Account” dan “Sign Out” sebagai dua item berbeda. Nah, dua pilihan ini nantinya akan disatukan menjadi item tunggal untuk memberikan ruang bagi opsi “Turn on Incognito” di bawahnya.

Baca juga: Diperbarui, YouTube Bisa Batasi Waktu Nonton Video

Lantas, apa yang akan terjadi begitu mode Incognito diaktifkan di aplikasi YouTube?

Tampilan mode Incognito di YouTube, sebagaimana ditemukan oleh Android Police. Baru sebagian pengguna yang mendapatkan fitur ini, kemungkinan karena masih dalam ujicoba.  Android Police Tampilan mode Incognito di YouTube, sebagaimana ditemukan oleh Android Police. Baru sebagian pengguna yang mendapatkan fitur ini, kemungkinan karena masih dalam ujicoba.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Rabu (16/5/2018), dengan mode Incognito, sesi pengguna tak akan disimpan. Subscription dan tampilan avatar pun disembunyikan.

Jadi, keadaan apliaksi berubah seolah pengguna melakukan sign-out, padahal sebenarnya tidak. Saat pengguna keluar dari mode Incognito atau tidak aktif beberapa lama, aplikasi YouTube akan kembali ke akun yang terakhir kali digunakan.

YouTube sendiri saat ini sebenarnya sudah menerapkan fitur mirip incognito untuk menghentikan sementara proses pencatatan history search dan tontonan video. Fitur ini bisa ditemukan di menu “History & privacy” dalam “Settings”.

Baca juga: Berapa Banyak Orang yang Menonton YouTube Setiap Harinya?
 
Namun, mode Incognito nantinya akan mempermudah proses tersebut tanpa harus repot-repot menggali ke dalam Settings tiap kali ingin diaktifkan. Belum ada informasi kapan mode Incognito akan mulai digulirkan secara resmi oleh YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com