Fujifilm Rilis Instax SQ6, Kamera Analog Format ala Instagram - Kompas.com

Fujifilm Rilis Instax SQ6, Kamera Analog Format ala Instagram

Kompas.com - 16/05/2018, 18:10 WIB
Fujifilm Instax Square SQ6PetaPixel Fujifilm Instax Square SQ6

KOMPAS.com - Fujifilm resmi merilis kamera Instax Square SQ6 terbarunya. Kamera ini terbilang unik, karena mengusung hasil cetak yang berbentuk kotak, persis format foto pada Instagram.

Sebelumnya, Fujifilm juga pernah merilis kamera serupa bernama SQ10. Tetapi kamera yang dirilis pada 2017 silam itu berbeda, karena tergolong hybrid dengan kemampuan digital dan analog sekaligus.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari PetaPixel, Rabu (16/5/2018), Instax Square SQ6 ini seutuhnya merupakan kamera instan analog. Hasil fotonya dicetak di atas kertas berbentuk persegi, tanpa ada file digital sama sekali.

Dari segi spesifikasi, perusahaan asal Jepang itu membekali Instax Square SQ6 dengan sistem flash yang bisa otomatis memperhitungkan tingkat kecerahan ruangan, lalu mengatur shutter (dari 1.6 detik sampai 1/400 detik). Sistem ini berfungsi membuat paparan cahaya di subjek dan latar belakang bisa sama-sama tepat, meski dalam kondisi redup.

Baca juga: Fujifilm Berhenti Produksi Film Negatif dan Kertas Monokrom

Pengguna juga bisa menyematkan filter warna tambahan pada flash tersebut untuk menciptakan nuansa tertentu. Pilihan warnanya adalah oranye, ungu dan hijau.

Kemudian, ada juga mode selfie yang bakal secara otomatis mengatur fokus dan kecerahan ketika Anda ingin memotret diri sendiri. Seperti halnya Instax seri lain, ada cermin kecil yang disematkan di moncong lensa untuk tujuan selfie ini.

Selain itu Instax Square SQ6 telah dibekali fitur timer, mode double exposure yang bisa menyatukan dua gambar ke dalam satu foto, makro photo untuk memotret subjek dari jarang sangat dekat, serta mode landscape untuk memotret pemandangan.

Ada juga 0,4 inverted Galilean viewfinder dengan target spot, +- 2/3 Exposure Value, dan layar LED. Kamera ini beroperasi menggunakan tenaga dari dua baterai lithium tipe CR2.

Pengguna bisa mulai mendapatkan Instax Square SQ6 pada 25 Mei 2018 mendatang. Fujifilm membanderolnya sekira 130 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta dengan variasi pilihan warna Pearl White, Blush Gold, serta Graphite Gray.



Close Ads X