Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Pertama Berpenyimpanan 1 TB Dijual Rp 19 Juta

Kompas.com - 17/05/2018, 14:06 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Vendor ponsel asal China, Smartisan merilis ponsel R1 di Negeri Tirai Bambu. Nilai jual utamanya adalah kombinasi RAM dan kapasitas penyimpanan jumbo, yakni RAM 8 GB dan penyimpanan 1 TB, alias 1.000 GB.

Smartisan R1 diklaim sebagai smartphone pertama yang dipasarkan dengan penyimpanan internal 1 TB. Sebelumnya, Acer sempat mengenalkan Liquid Jade 2 pada MWC 2016 dengan penyimpanan total 1 TB, namun dibantu oleh cloud storage.

Smartisan R1 benar-benar memiliki penyimpanan internal 1 TB. Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (17/5/2018), ponsel yang memiliki bentuk mirip Essential Phone ini dilengkapi fitur premium, seperti lapisan kaca pada bodi ponsel, pemindai sidik jari, serta bezel yang tipis.

Smartisan R1 dibekali sistem operasi Android 8.0, layar resolusi 2242x1080 dengan aspek rasio 18,7:9 dan dilapisi Gorilla Glass 3.

Dapur pacu dari ponsel ini ditopang oleh chip Snapdragon 845 dengan CPU berkecepatan 2,8 Ghz, yang disandingkan dengan GPU Adreno 630.

Smartisan R1 dibekali kamera ganda pada bagian belakang. Kamera utama memiliki lensa 20 Megapiksel dengan lensa bukaan f/1,75 dan kamera sekunder 12 Megapiksel dengan lensa bukaan f/1,8.

Sedangkan untuk kamera depan, resolusi sensornya lebih besar, yakni 24 megapiksel dengan fitur ArcSoft yang memiliki kecerdasan buatan (AI).

Smartphone ini juga mendukung Quick Charge 4+ yang berarti pengisian dayanya bakal lebih cepat. Bahkan ponsel ini juga punya pengisian daya nirkabel dengan besaran 10 W.

Smartisan R1 tidak memiliki jack audio 3,5 mm, sehingga hanya bisa memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk terhubung dengan headset.

Di negara asalnya, smartphone ini hadir dengan empat pilihan kapasitas penyimpanan, mulai dari 64 GB sampai versi tertingginya yakni 1TB.

Untuk versi paling murah, Smartisan R1 dibanderol seharga 3.499 Yuan atau sekitar Rp 7,4 juta. Untuk versi tertinggi dengan penyimpanan 1 TB, ponsel ini dibanderol harga 8.848 Yuan atau sekitar Rp 19 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com