Sony Hentikan Pembuatan Kartu Game PS Vita - Kompas.com

Sony Hentikan Pembuatan Kartu Game PS Vita

Kompas.com - 18/05/2018, 08:51 WIB
PS Vita baru hadir lebih ringan dan tipisEngadget PS Vita baru hadir lebih ringan dan tipis

KOMPAS.com - Akibat laju perkembangan video game yang semakin pesat, Sony akhirnya harus "membunuh" sedikit demi sedikit konsol lawasnya.

Perusahaan asal Jepang ini telah mengonfirmasi akan segera menghentikan pembuatan game fisik untuk konsol lawasnya yakni PS Vita.

Hal ini terungkap dari sebuah pesan yang dikirim oleh perusaaan kepada para pengembang game. Dalam surat tersebut, Sony mengatakan bahwa akan mengakhiri semua produksi GameCard PS Vita pada akhir tahun fiskal 2018 yakni tepatnya pada 31 Maret 2019 mendatang.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Jumat (18/5/2018), untungnya Sony hanya menghentikan produksi dari game-game PS Vita yang hanya didistribusikan secara fisik.

Sementara bagi yang masih menginginkan game-game baru untuk konsol ini bisa membelinya lewat toko digital yang sudah disediakan.

Para pengembang pun dipastikan masih bisa membuat game-game baru untuk konsol ini. Hanya saja, pendistribusiannya dialihkan sepenuhnya lewat toko digital. Kendati demikian, Sony masih enggan berkomentar soal apa yang akan terjadi pada lini PS Vita berikutnya.

Berhentinya produksi GameCard PS Vita memang tidak bisa dipungkiri terjadi karena industri video game perlahan beralih pada smartphone dan tablet.

Mahalnya harga GameCard khusus PS Vita ini juga menjadi salah satu alasan mengapa cukup banyak pencinta video game yang meninggalkan konsol ini.

Selain itu, konsol yang diperkenalkan pada 2011 silam ini juga dianggap kalah bersaing dengan merek lainnya. Salah satunya adalah Nintendo 3DS yang berhasil mengalahkan popularitas PlayStation Vita.

Sejak 2015 lalu, Sony memang sudah "angkat tangan" pada konsol game portabel ini. Dikabarkan akan merilis penerus PS Vita, Sony malah memutuskan untuk tidak memproduksi lagi konsol game portabel.

Dalam sebuah kesempatan berbincang dengan para pengembang game pada 2015 lalu, President Sony Worldwide Studio Shuhei Yoshida mengatakan iklim untuk membuat konsol game portabel memang sedang tidak mendukung.

Keputusan Sony untuk menahan peluncuran PS Vita baru akibat gempuran smartphone memang bisa dibenarkan. Namun di sisi lain, Sony juga belum bisa meletakkan pondasi yang kokoh untuk pasar mobile gaming portable-nya itu.

Tak seperti konsol PS3 dan PS4, PS Vita tidak memiliki game yang berhasil mencatatkan rekor, kebanyakan adalah versi turunan dari konsol-konsol game kakaknya, PlayStation 3 atau 4.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Gaming Xiaomi Black Shark dan Razer Phone



Close Ads X