Microsoft Siapkan Tablet Rp 5 Jutaan untuk Saingi iPad - Kompas.com

Microsoft Siapkan Tablet Rp 5 Jutaan untuk Saingi iPad

Kompas.com - 18/05/2018, 09:59 WIB
Microsoft Surface Pro 4.Microsoft Microsoft Surface Pro 4.

KOMPAS.com - Demi bersaing dengan iPad, Microsoft kabarnya tengah mempersiapkan tablet Surface versi murah. Selain dengan harga yang lebih rendah, Surface versi murah ini akan berukuran lebih kecil dari versi standarnya.

Menurut kabar yang beredar, tablet Surface ini nantinya akan mengusung desain baru yang berbeda dari model biasanya.

Surface versi murah ini akan memiliki tepian yang membulat dan bentuk persegi mirip dengan desain iPad.

Tablet ini juga diklaim bakal memiliki konektivitas USB-C yang merupakan pertama kalinya dimiliki oleh sebuah tablet Surface. Kemudian teknologi pengisian dayanya juga akan menggunakan fitur baru seperti pada smartphone.

Sumber anomin mengatakan, Microsoft juga bakal memangkas berat tablet ini sampai 20 persen lebih ringan, seperti dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (18/5/2018). Bobot yang ringan ini juga karena ukuran layar tablet yang hanya sekitar 10 inci.

Ukuran tablet yang lebih kecil ini juga bakal berdampak pada penggunaan kapasitas baterai yang disesuaikan. Oleh karena itu daya tahan baterainya pun bakal lebih rendah dari model biasa. Meski begitu, Surface versi murah ini akan dapat bertahan selama 13,5 jam dalam satu kali pengisian.

Perangkat ini diperkirakan akan dibanderol dengan kisaran harga sekitar 400 dollar AS atau setara Rp 5,6 juta. Dengan harga ini sepertinya memang akan berhadapan langsung dengan iPad versi yang paling murah.

Versi paling murah tablet Surface Pro saat ini dibanderol dengan harga 799 dollar AS. Tentu saja harga ini terbilang jauh lebih mahal dari iPad paling murah yang bisa dibeli dengan harga sekitar 329 dollar AS.

Pada bulan Maret lalu, Apple meluncurkan iPad "murah" yang ditujukan untuk pengguna yang bergelut dalam bidang pendidikan misalnya pengajar atau siswa sekalipun. Selayaknya iPad, tablet Surface murah ini pun bisa jadi bakal dipasarkan dengan target pasar yang sama.

Memang sangat wajar jika Microsoft ingin sekali berhadapan langsung dengan iPad lewat strategi ini. Pasalnya, penjualan Apple untuk iPad mencapai 44 juta unit selama empat kuartal terakhir.

Dari penjualan ini Apple mendulang untung 20 miliar dolar AS. Berbeda dengan Microsoft yang masih sangat minim angka penjualan tabletnya.

Menurut penelitian IDC, Microsoft hanya menjual sekitar 725.000 unit tablet pada kuartal pertama 2018 ini. Naik 1,8 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama. Sedangkan Apple berhasil menjual 9,1 juta perangkat iPad pada awal tahun ini.

Kendati demikian terkait kabar soal Surface versi murah ini pihak Microsoft masih enggan untuk berkomentar. Namun tablet ini diramalkan bakal meluncur pada paruh kedua 2018 atau sekitar bulan Juni nanti.

Baca juga: iPad Pro Bikin Apple Jadi Penguasa Pasar Tablet



Close Ads X