3 Fitur Baru Facebook Stories, Bisa Posting Suara Saja - Kompas.com

3 Fitur Baru Facebook Stories, Bisa Posting Suara Saja

Kompas.com - 18/05/2018, 12:24 WIB
Fitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook.Facebook Newsroom Fitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook.

KOMPAS.com - Facebook meluncurkan tiga fitur baru untuk Facebook Stories, yakni fitur pesan suara di Facebook Stories, fitur arsip, dan fitur penyimpanan foto serta video di komputasi awan (cloud) Facebook.

Status suara di Facebook Stories

Fitur suara di Facebook StoryThe Verge Fitur suara di Facebook Story

Salah satu fitur yang dirilis adalah pesan suara yang bisa diunggah ke Facebook Stories. Nantinya, pengguna bisa mengunggah postingan berupa audio dengan latar belakang warna atau foto dari galeri perangkat. Stories bisa dihias dengan stiker favorit, teks, atau doodle sebelum diunggah.

Rekaman suara tak hanya lebih cepat dan intim. Namun bisa menajdi alternatif bagi mereka yang kurang percaya diri di depan kamera, kualitas kamera rendah, atau tidak ada stok foto yang menarik untuk story.

Untuk sementara, fitur ini baru tersedia di India. Facebook berjanji bahwa negara lain bisa menjajal fitur ini dalam waktu dekat.

Fitur "Archieve" Facebook Stories

Fitur arsip di Facebook StoryThe Verge Fitur arsip di Facebook Story

Tak hanya fitur pesan suara di Facebook Stories, Facebook juga menambah dua fitur lain. Dalam beberapa pekan ke depan, Facebook juga akan merilis fitur arsip (archieve) story, sebagaimana yang ada di Instagram.

Facebook ingin memberikan waktu pada penggunanya untuk mengkreasikan Facebook Stories, dan paham jika mereka ingin melihatnya lebih dari sehari. Dengan fitur arsip, pengguna bisa menyimpan Facebook Stories favoritnya secara otomatis untuk dilihat lagi setelah 24 jam.

Menyimpan foto dan video di akun Facebook

Fitur penyimpan foto dan video menggunakan akun FacebookThe Verge Fitur penyimpan foto dan video menggunakan akun Facebook

Fitur lain yang bakal turut hadir adalah fitur untuk menyimpan postingan foto dan video yang diambil dari kamera Facebook, ke akun Facebook pengguna. Fitur ini bisa membantu pengguna untuk menghemat storage ponsel, terlebih ponsel entry-level yang hanya menyediakan media penyimpanan berkapasitas kecil.

Terlebih jika koneksi internet sedang tidak baik, maka foto atau video bisa disimpan lebih dahulu di komputasi Facebook. Namun, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (18/5/2018), Facebook enggan membeberkan kapasitas penyimpanan yang diberikan untuk menyimpan foto dan video.

"Kami selalu bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman melihat Stories di semua jenis koneksi (internet)," kata Director of Stories Facebook, Connor Hayes.

Baca juga: Facebook Stories Bakal Tersedia untuk Komunitas dan Influencer

Berbeda dengan Instagram, Facebook belum pernah mengumumkan jumlah penggunaya, setelah dirilis 2007 lalu.

"Tidak ada yang bisa kami bagi (informasi jumlah pengguna), tapi peforma Facebook Stories menjanjikan, dan kami belajar banyak tentang bagaimana kami bisa meningkatkan pengalaman lebih baik lagi," ujar Connor.


Komentar
Close Ads X