Kompas.com - 21/05/2018, 07:06 WIB
Pertama kali masuk Kantor Google Indonesia, pengunjung disambut instalasi patung Android dan logo Google. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comPertama kali masuk Kantor Google Indonesia, pengunjung disambut instalasi patung Android dan logo Google.

KOMPAS.com - Google telah menghapus moto "Don't be evil", yang dalam bahasa Indonesia berarti "Jangan berbuat jahat", dari lembaran tertulis pedoman perilaku perusahaan.

Frasa tersebut sudah ada dan disebutkan berulang-ulang dalam pedoman perilaku perusahaan yang dibagikan ke seluruh karyawan sejak 2000 silam (18 tahun). Bahkan lebih dari itu, "Don't be evil" seolah menjelma sebuah mantra yang mengisi hari-hari para pegawai Google atau disebut sebagai Googlers.

Salah satunya adalah pemakaiannya sebagai password WiFi di kendaraan antar-jemput karyawan menuju ke Mountain View.

Namun sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Senin (21/5/2018), frasa tersebut dihilangkan. Dari seluruh lembaran pedoman perilaku perusahaan, hanya satu kalimat saja yang masih menyebut "Don't be evil". Letaknya pun di bagian penutup.

Baca juga: Belasan Karyawan Google Kompak Mundur

“Dan ingatlah, jangan berbuat jahat. Dan jika Anda melihat sesuatu yang dirasa tidak benar -laporkan!" Demikian bunyi kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia.

Tidak jelas apa yang melatarbelakangi Google berbuat demikian. Yang pasti, hal ini dilakukan setelah belasan karyawan Google mundur, memprotes kebijakan proyek perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, pada 2015, ketika terjadi reorganisasi dan Alphabet berdiri sebagai induk usaha baru Google, moto tak resmi itu sempat mengalami modifikasi kecil. Ada tambahan frasa "do the right thing" atau dalam Bahasa Indonesia artinya "bertindak yang benar" dalam pedoman perilaku tersebut.

Selain adanya tambahan, pedoman perilaku perusahaan masih tetap mempertahankan frasa "Don't be evil" dan mengulangnya dalam beberapa baris kalimat.

Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat pedoman perilaku perusahaan Google seperti arsip Wayback Machine pada 21 April 2018, dengan cara klik tautan berikut ini.

Anda juga bisa melihat pedoman perilaku perusahaan Google yang baru, seperti arsip Wayback Machine pada 4 Mei 2018, dengan cara klik tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.