Kompas.com - 24/05/2018, 08:35 WIB
|

KOMPAS.com - Konsol PlayStation 4 besutan Sony kini menginjak usia tahun kelima. Meski baru setengah dekade, PS4 dikabarkan akan segera dipensiunkan.

Hal tersebut disampaikan John Kodera di sela-sela rapat di hadapan para investornya. Menurut pria yang menjabat sebagai CEO Sony Interactive Entertaiment ini, perusahaan mulai mengesampingkan konsol PS4 karena melihat bahwa telah terjadi penurunan penjualan.

Selama tahun 2018 ini penjualan perangkat PS4 terus melambat.

Bahkan angka penjualan diprediksi menurun cukup signifikan hingga akhir tahun 2018 nanti dari 19 juta unit pada 2017 lalu menjadi 16 juta unit dalam periode yang sama.

Padahal, konsol PlayStation 4 diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar. Namun perusahaan tak bisa memastikan apa penyebab dari minimnya angka penjualan PS4 ini.

Meski demikian, Sony mengklaim bahwa buruknya penjualan ini dapat ditutupi oleh jumlah pengguna PlayStation Network yang mencapai sekitar 80 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Angka ini meningkat cukup besar dari 70 juta pengguna aktif pada 2017 lalu, seperti dirangkum KompasTekno dari BGR, Kamis (24/5/2018).

Selain itu, Kodera juga menegaskan bahwa PS4 memang akan segera digantikan oleh penerusnya.

Meski ia tak menjelaskan kapan tepatnya PS4 ini akan dipensiunkan. Kendati demikian, sampai saat ini spekulasi Sony yang akan menghadirkan PlayStation 5 masih misterius dan minim informasi.

Selain mengonfirmasi bahwa PS4 akan digantikan oleh penerus dalam waktu dekat, Kodera juga mengatakan kepada analis dan investor di Sony IR Day bahwa tahun 2021 mendatang akan menjadi tahun yang sangat penting untuk PlayStation.

Tidak jelas apakah PlayStation 5 nantinya akan dirilis pada 2021 ataukah Sony tengah mengembangkan perangkat lain yang akan diluncurkan pada 2021 mendatang. Namun Kodera menegaskan bahwa sampai tahun 2021 nanti Sony akan melakukan banyak inovasi dan perbaikan-perbaikan. 

Namun yang jelas, gagalnya PlayStation 4 mencapai target penjualan adalah cambuk keras untuk Sony. Pasalnya, PlayStation sudah sejak lama menjadi salah satu tumpuan untuk mendatangkan pendapatan bagi perusahaan.

Jika publik telah merasa bosan dengan konsol tersebut, maka Sony harus mulai merancang gebrakan baru agar pasar konsol bisa kembali bergairah dan mendatangkan angin segar untuk perusahaan asal Negeri Matahari Terbit ini.

Baca juga: PS4 Slim Versi Baru Punya Penyimpanan Lebih Besar, Harga Tetap Sama

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.