Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer: Indonesia Butuh 2 Tahun Lagi untuk Beralih ke Chromebook

Kompas.com - 25/05/2018, 09:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Acer baru saja memperkenalkan dua notebook Chromebook yang diklaim paling tangguh di pasaran saat ini.

Bertajuk “Chromebook 13” dan “Chromebook Spin 13”, masing-masing dipersenjatai prosesor Intel Core generasi ke-8.

Meski begitu, duo Chromebook termutakhir itu belum menyasar pasar Indonesia. Acer menilai Indonesia masih butuh waktu lebih lama untuk beralih ke ekosistem Chromebook.

“Di Amerika Serikat, produk Chromebook kami sudah mendominasi. Di wilayah Asia Tenggara memang masih belum familiar dengan Chromebook,” kata President of Acer Pan Asia Pacific (PAN), Andrew Hou, dalam wawancara khusus dengan KompasTekno, Rabu (23/5/2018), di New York, Amerika Serikat.

“Khusus di Indonesia, kira-kira masih butuh dua sampai tiga tahun lagi (untuk beradaptasi dengan Chromebook),” ia menambahkan.

Menurut dia, infrastruktur internet di Indonesia belum siap untuk mendukung penggunaan sistem operasi ChromeOS pada Chromebook. Diketahui, ChromeOS memiliki mekanisme kerja yang berbeda dengan Windows atau MacOS.

Semua aplikasi pada ChromeOS tidak terinstal dalam media penyimpanan lokal, melainkan terkumpul pada sistem cloud. Karena itu, internet yang mumpuni menjadi syarat mutlak untuk pengoperasian Chromebook.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2011 oleh Google, Chromebook mendapat respons positif masyarakat global. Pertumbuhannya signifikan di negara-negara berinternet cepat, tetapi penetrasinya sangat lambat di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Chromebook mulai hadir di Tanah Air pada 2014 lalu. Hingga kini perangkat tersebut belum menarik perhatian masyarakat umum. Penggunaannya masih terbatas pada institusi-institusi pendidikan dan korporasi.

Baca juga: Bos Acer Komentari Selera Orang Indonesia untuk Laptop Gaming

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com