Fujifilm XT-100, Mirrorless Mirip DLSR Seharga Rp 8 Jutaan - Kompas.com

Fujifilm XT-100, Mirrorless Mirip DLSR Seharga Rp 8 Jutaan

Kompas.com - 25/05/2018, 12:23 WIB
Fujifilm XT-100 ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yakni Black, Dark Silver, serta Champagne GoldThe Verge Fujifilm XT-100 ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yakni Black, Dark Silver, serta Champagne Gold

KOMPAS.com - Fujifilm akhirnya resmi mengumumkan kamera mirrorless XT-100, yang tampak mirip XT-20 tetapi dengan sejumlah spesifikasi berbeda dan dibanderol dengan harga lebih murah.

Perusahaan kamera asal Jepang itu membanderol XT-100 dengan harga 599 dollar AS atau berkisar di Rp 8,4 juta. Harga ini lebih murah ketimbang XT-20 yang ada di kisaran Rp 12 juta, namun dengan sejumlah kompensasi.

Bodi XT-100 memakai desain serupa dengan SLR pada umumnya, namun minus grip atau pegangan yang biasanya berupa tonjolan karen di bagian pinggir. Punuk yang ada di bagian tengah kamera ini bisa dibuka untuk mengeluarkan flash, sementara di bagian belakangnya terdapat electronic viewfinder.

Pengguna juga mendapatkan layar sentuh sebagai alternatif dalam membidik gambar dan melihat hasilnya. Menariknya, layar tersebut bisa digerakkan ke atas, ke bawah, atau ke samping (180 derajat) untuk membantu merekam vlog dan selfie.

Konfigurasi dial di bagian atas XT-100 menggunakan model PASM, tanpa adanya dial khusus untuk shutter dan exposure compensation. Kemudian ada dua tombol dial tanpa label, tombol Fn dan tombol perekam.

Sebagaimana yang dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/5/2018), Fujifilm memasang sensor APS-C 24 megapiksel dengan filter Bayer pada kamera, bukan X-Trans. Sedangkan urusan pemrosesan gambar diserahkan pada high-speed imaging processor, bukan X-Processor Pro.

Fujifilm memang membuat kamera XT-100 ini untuk penyuka fotografi kelas entry level atau pemula yang membutuhkan viewfinder dan bisa dipakai layaknya kamera lain di pasaran.

Sedangkan, untuk kelas pemula yang ingin merasakan kelebihan sensor berfilter X-Trans khas Fujifilm, bisa memilih XT-20 atau XE-3.

Rencananya perusahaan akan mulai mejual XT-100 pada 18 Juni mendatang di Amerika Serikat.

Harga Rp 8,4 juta hanya berlaku untuk pembelian body-only. Sedangkan paket body dengan lensa XC 15-45mm F35-5.6 dibanderol 699,95 dollar AS atau sekitar Rp 9,9 juta.

Belum diketahui kapan kamera ini akan masuk ke Indonesia.

Baca juga: Menyimak Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X