Sebelum Viral, Apple Sudah Tahu iPhone 6 Bakal Rawan Bengkok?

Kompas.com - 25/05/2018, 14:11 WIB
Tiga iPhone 6 yang dilaporkan pemiliknya melengkung/bengkok tanpa sebab yang jelas. ist.Tiga iPhone 6 yang dilaporkan pemiliknya melengkung/bengkok tanpa sebab yang jelas.

KOMPAS.com - Masih ingat soal kasus bengkoknya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus beberapa tahun lalu? Baru-baru ini terungkap bahwa ternyata Apple telah berbohong kepada publik soal kasus ini.

Kasus ini bermula pada 2014 silam yang menimpa beberapa pengguna dan menjadi viral di media sosial. Kala itu seorang anggota forum MacRumors membagikan foto iPhone 6 Plus miliknya yang melengkung setelah beberapa jam dikantongi.

Ketika itu Apple bersikeras dan berdalih bahwa ponsel itu tidak memiliki masalah apa pun pada sisi desain. Dan kasus bengkoknya iPhone tersebut hanya terjadi pada beberapa pengguna. Namun sebuah dokumen gugatan di pengadilan pada 2016 lalu menyatakan sebaliknya.

Menurut dokumen tersebut, hasil pengujian internal Apple menetapkan bahwa iPhone 6 memang memiliki kemungkinan 3,3 kali lebih besar untuk bengkok daripada iPhone 5s. Sedangkan iPhone 6 Plus memiliki kecenderungan bengkok 7,2 kali lebih besar daripada iPhone 5s.

Perbaikan diam-diam

Hal ini diungkapkan oleh Hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikat (AS), Lucy Koh yang ikut ambil bagian dalam kasus tersebut beberapa tahun lalu. Ia mengatakan bahwa berdasarkan dokumen itu, Apple sepenuhnya tahu bahwa kasus bengkoknya iPhone ini mungkin akan benar-benar terjadi.

Baca juga: CEO BlackBerry Ikut Komentari iPhone 6 Bengkok

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Salah satu perhatian utama yang diidentifikasi Apple sebelum meluncurkan iPhone ini adalah perangkat ini cenderung lebih mudah dibengkokkan daripada generasi sebelumnya," ungkap Lucy sebagaimana diberitakan Motherboard, dan dikutip KompasTekno, Jumat (25/5/2018).

Ia melanjutkan bahwa hal tersebut disimpulkan berdasarkan catatan pengujian internal Apple dan sejak awal telah menjadi catatan penting bagi perusahaan namun Apple seolah mengabaikan dan tetap merilis ponsel ini.

Lucy pun menambahkan dari dokumen itu terungkap bahwa Apple secara diam-diam mulai memperbaiki desain dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus agar lebih kuat dan tak mudah bengkok. Sayangnya penguatan ini malah berimbas pada terjadinya malafungsi di sejumlah fungsi utama.

Kendati telah terungkap secara jelas, hingga saat ini Apple masih enggan untuk berkomentar terkait kasus ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.