Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang dan Tantangan Industri E-Sport di Indonesia

Kompas.com - 25/05/2018, 20:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktivitas bermain game sudah bertransformasi menjadi olahraga elektronik bertajuk eSport. Di Indonesia, gaming resmi menjadi cabang olahraga, ditandai dengan berdirinya Indonesia eSPort Association (IeSPA) tahun 2014.

Pamor eSport sebagai cabang olahraga akan naik daun, seiring masuknya eSport di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang bulan Agustus mendatang.
Meskipun masih dalam skema eksibisi, alias tanpa medali.

"esport di Asian Games, harusnya bisa jadi katalis, kalau diselenggarakan dengan baik dan benar," jelas pengamat gaming dan eSport, Dedy Irvan.

Olahraga ini memang belum sepopuler cabang olahraga lain di Indonesia, namun perkembangannya cukup pesat. Di ranah global, posisi Indonesia dalam pasar industri gaming menempati urutan ke-16 pada 2017.

Tercatat 43,7 juta gamer yang menghasilkan pendapatan 879,7 juta dollar AS, menurut paparan data dari Newzoo. Marketing Director Intel ANZ & South East Asia, Anna Torres mengatakan, industri gaming di Indonesia selalu berkembang.

Ia juga satu suara dengan Dedy, jika Asian Games akan membuat eSport lebih dikenal masyarakat Indonesia, seperti yang telah dilakukan negara-negara tetangga seperti Thailand atau Filipina.

eSport tak hanya menarik untuk dimainkan saja, tapi juga mendatangkan animo penonton yang luar biasa yang disemarakan dengan penampilan cosplayer karakter game populer.

Dalam acara workshop karir yang diselengggarakan Intel Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis (24/5/2018), Pembimbing Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNY, Deny Budi Hertanto mengatakan, eSport memiliki peluang untuk dikelola secara akademik, seperti mendirikan Fakultas Gaming suatu saat nanti.

Baca juga: Menakar Potensi eSport di Indonesia

"Peluanganya akan cukup besar nanti ke depannya. Tapi kita harus melihat dulu, kalau pasar butuh dengan sendirinya kita akan buka," jelasnya kepada KompasTekno.

Tantangan

Salah satu tantangan terbesar perkembangan eSport di Indonesia adalah perbedaaan pandangan antara generasi milenial dan generasi tua soal eSport. Masih subur di masyarakat Indonesia memandang eSport sekadar hobi main game pengisi waktu luang, bukan olahraga yang bisa ditekuni secara profesional.

Menurut Dedy, eSport berbeda dengan main game, seperti yang dipersepsikan.

"Main game itu rekreasi, eSport itu profesi. Ini satu perbedaan," jelas Dedy.

Dedy Irvan saat memberikan materi eSport ke peserta workshop karir IntelIntel Indonesia Dedy Irvan saat memberikan materi eSport ke peserta workshop karir Intel
Jika Indonesia ingin mengembangakn industri eSport, Anna mengatakan atlet eSport harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk tidak menyerah dalam menghadapi konotasi negatif.

Salah satu isu yang sering dimunculkan bagi pemain eSport adalah dampak anti-sosial bagi pemainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com