Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Buat Mesin Pintar untuk Pesan Makanan

Kompas.com - 27/05/2018, 13:24 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Alibaba Machine Intelligence Technologies memperkenalkan teknologi speech interaction yang dipasang di sistem pemesanan pintar di kafe dan restoran.

Sistem tersebut akan memproses pesanan pelanggan lalu menampilkan pesanannya ke layar dalam hitungan detik.

Mesin juga akan menyesuaikan perubahan pesanan yang dilakukan pelanggan. Teknologi ini dikembangkan dari riset linguistik yang meneliti pemrosesan ucapan dan bahasa alami.

Tim riset Alibaba mengembangkan interaksi multi-modal yang dapat menangkap fitur suara dan visual, seperti tempo bicara, jeda antarkata, lafal, napas, dan ekspresi wajah.

Lalu, tim membangun model pembelajaran yang disempurnakan untuk mampu merevisi dan mendeteksi maksud kalimat yang diucapkan pelanggan.

Mesin pemesanan pintar Alibaba sedang diperagakan Alibaba Group Mesin pemesanan pintar Alibaba sedang diperagakan
Menurut Head of Intelligent Speech Interaction Alibaba Machine Intelligence Technologies, Zhijie Yan, selain pemesanan makanan, teknologi ini bisa diaplikasikan ke perintah suara untuk perangkat rumah atau mobil pintar dan menjawab pertanyaan di pusat perbelanjaan atau bandara dalam bentuk audio.

Mesin pemesanan pintar ini diharapkan bisa beroperasi dalam beberapa bulan ke depan dan akan tersedia di Alibaba Cloud untuk membantu UKM. Sayangnya, teknologi ini baru tersedia untuk pelanggan berbahasa Mandarin saja, seperti dirangkum KompasTekno dari keterangan tertulis Alibaba, Mingu (27/5/2018).

Baca juga: Alibaba Kucurkan Rp 27,5 Triliun untuk Lazada

Desember lalu, Alibaba juga memperkenalkan kios tiket pintar di Stasiun Kereta Shanghai Selatan. Kios tiket pintar bisa membantu penumpang kereta menetukan rute terbaik dengan memanfaatkan teknologi pengenal suara jarak jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com