Kesiapan 5 Operator Seluler Jelang Mudik dan Lebaran 2018

Kompas.com - 28/05/2018, 09:13 WIB
BTS 4G XL di Bandung XLBTS 4G XL di Bandung

JAKARTA, KOMPAS.com - Para operator telekomunikasi sudah mulai melakukan optimalisasi dan penambahan kapasitas jaringan mereka masing-masing, untuk bersiap menghadapi lonjakan akses di musim mudik Lebaran 2018.

KompasTekno, pada Minggu (27/5/2018) telah mengonfirmasi kesiapan tersebut kepada empat operator telekomunikasi, yakni Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, Indosat dan Hutchison Tri Indonesia.

Semua menyatakan telah melakukan optimalisasi dan penambahan kapasitas. Pengguna pun bisa merasakannya mulai Mei ini.

Telkomsel

Telkomsel menyatakan telah menyiapkan jaringan telekomunikasinya untuk menghadapi lonjakan trafik di periode mudik Lebaran 2018 hingga arus baliknya.

Persiapan yang telah dilakuan berupa pemasangan base transceiver station (BTS) baru hingga penambahan kapasitas pada BTS terpasang. Sejumlah 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, juga 12 ruas tol baru di antaranya pun dipastikan sudah diselimuti sinyal.

"Sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan," jelas Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah melalui keterangan resminya pada KompasTekno, Senin (28/5/2018).

Baca juga: Ramadhan dan Idul Fitri 2018, Telkomsel Siapkan Bandwidth 3,2 Gbps

Uji sinyal seluler.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Uji sinyal seluler.
XL Axiata

Vice President Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan persiapan jaringan dalam menghadapi Lebaran 2018 sudah dilakukan sejak lama, sehingga sekarang sudah siap menampung lonjakan akses dari pengguna.

Optimalisasi dan penambahan kapasitas itu dilakukan di sepanjang jalur mudik, baik pada base transceiver station (BTS) yang meng-cover ruas tol, maupun pada site yang akan meng-cover pusat keramaian.

"Untuk keperluan mengamankan momen tahunan tersebut, kami bahkan sudah meningkatkan kapasitas baik di Jaringan Core, Transmisi, juga kapasitas Radio di jalur mudik. Jadi mulai peningkatan kapasitas & penambahan BTS sudah dilakukan sejak awal 2018," ujarnya saat dihubungi KompasTekno melalui pesan instan.

"Penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan antara lain dengan menempatkan 49 MBTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4.000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8.500 BTS baru khususnya di jalur mudik, tujuan mudik  dan tempat wisata  yang ramai dikunjungi saat Lebaran," imbuhnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X