Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Telkomsel di "Brexit" Tembus 40 MBps

Kompas.com - 28/05/2018, 14:37 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.com - Tim uji jaringan Mudik Smart 2018 KompasTekno sampai di pintu tol Brebes Timur ruas tol Pejagan-Pemalang atau bisa yang dikenal dengan nama "Brexit".

Di area ini, mayoritas performa seluruh operator seluler tergolong baik. Hanya dua operator seluler saja yang kinerjanya lemah.

Bagaimana dengan kinerja operator seluler Telkomsel sendiri di Brexit?

Pengujian dilakukan dengan software nPerf dan Speedtest.

Saat tim uji jaringan KompasTekno melintas di Brexit, Minggu (27/5/2018), atau H-17, sinyal Telkomsel memiliki kecepatan download terkencang dalam pengujian, di antara operator seluler lain.

Kecepatan download sinyal Telkomsel di area Brexit di kisaran 20 hingga 40 Mbps. Kecepatan upload-nya pun di kisaran 20-an Mbps.

Secara umum pengalaman browsing, memutar video YouTube, dan streaming musik Spotify, semua terasa lancar.

Pintu tol Brebes Timur (Brexit) sempat menjadi perhatian pada musim mudik 2016 lalu, saat kemacetan panjang terjadi beberapa hari, akibat penyempitan jalan dan besarnya arus kendaraan yang ingin lewat. Beberapa jaringan seluler pun sempat tumbang.

Namun dengan dibukanya jalur tol Pemalang - Batang, kemungkinan tidak akan terjadi hambatan di Brexit, sebab pemudik bisa terus melanjutkan perjalanan tanpa harus keluar tol.

Telkomsel sendiri tidak ada persiapan khusus di Brexit, karena sudah termasuk dalam kesiapan periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018 secara keseluruhan.

Andreas Indra, Vice President Network Operation Management Telkomsel mengatakan bahwa jalan tol yang merupakan jalur utama selalu padat saat mudik selalu menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel.

"Sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa yang meliputi 12 ruas tol baru, termasuk tol Brexit, sudah dilayani total 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G," kata Andreas dalam pesan tertulis kepada KompasTekno, Senin (28/5/2018).

Baca juga: Kesiapan Telkomsel Hadapi Lonjakan Pemudik Lebaran 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com