Menguji Layanan Internet Telkomsel di Ruas Tol Cipali

Kompas.com - 28/05/2018, 19:05 WIB
Uji sinyal seluler. KOMPAS.com/Reska K. NistantoUji sinyal seluler.
|

KOMPAS.com - Menghadapi arus mudik pada Lebaran tahun 2018 ini tentu ada berbagai hal harus dipersiapkan. Mulai dari infrastruktur, rekayasa jalur, dan berbagai hal lainnya demi kenyamanan pemudik.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah infrastruktur untuk jaringan internet seluler. Pasalnya internet seluler kini memegang peranan penting dalam komunikasi.

Untuk mengetahui kesiapan operator seluler, KompasTekno melakukan pengujian di beberapa titik salah satunya adalah di ruas tol Cipali termasuk di wilayah rest area.

Salah satu operator yang kami uji adalah Telkomsel. Lantas bagaimana kinerja operator Telkomsel ini di ruas tol Cipali?

Metode pengujian

Perlu diketahui dalam pengujian ini, KompasTekno memposisikan diri sebagai pengguna yang menggunakan internet untuk browsing, streaming video dan musik, media sosial, serta bermain game online.

Ada dua mekanisme pengujian yang kami lakukan.

Pertama, seperti yang disebutkan sebelumnya, kami memposisikan diri sebagai pengguna dan menjajal aplikasi media sosial, browsing, streaming video lewat YouTube dengan kualitas 720p, streaming musik lewat Spotify dan bermain game online yakni Mobile Legend dan Player Unknown Battle Ground.

Mekanisme kedua, kami mengambil data pendukung dari sisi teknis dengan menggunakan dua aplikasi pengujian yakni nPerf dan Ookla Speedtest. Dari dua aplikasi ini kami bisa mendapatkan angka rata-rata kecepatan unduh, unggah dan angka latency (ping).

Kendala di rest area awal

Selama berada di ruas tol Cipali, kami menyambangi setidaknya empat rest area untuk melakukan pengujian yakni di rest area km 84, km 134, km 167 dan km 207.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X