Tol Fungsional Brebes-Batang Masih Dikebut, Internet 5 Operator Sudah Ngebut

Kompas.com - 28/05/2018, 20:34 WIB
Salah satu bagian ruas tol Pejagan-Pemalang yang masih dalam proses pembangunan. Tol fungsional ini rencananya akan dibuka untuk mengurai kepadatan arus mudik Lebaran 2018. KOMPAS.com/ Oik YusufSalah satu bagian ruas tol Pejagan-Pemalang yang masih dalam proses pembangunan. Tol fungsional ini rencananya akan dibuka untuk mengurai kepadatan arus mudik Lebaran 2018.

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu jalur mudik yang populer adalah melalui Pantai Utara Pulau Jawa. Pada jalur tersebut telah disiapkan ruas tol baru untuk menghubungkan Jakarta dengan Surabaya di Jawa Timur, dengan melewati kota-kota besar lain.

KompasTekno, pada Minggu (27/5/2018), memasuki ruas tol fungsional tersebut, tepatnya di segmen Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang untuk menguji keandalan sinyal seluruh operator telekomunikasi seluler di sana, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutshison Tri Indonesia (Tri), serta Smartfren.

Hal ini untuk memastikan infrastruktur yang disiapkan oleh para operator sudah bisa dirasakan oleh pengguna.

Fokus pengujian kami adalah hanya pada kecepatan koneksi internet. Pasalnya, koneksi internet telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Terutama karena fungsinya yang mencakup banyak hal, mulai dari komunikasi, informasi, hingga hiburan.

Ruas tol Pejagan-Pemalang serta Pemalang-Batang yang kami lalui masih jauh dari kata selesai. Penyelesaianya agar layak dipakai jelang Lebaran terus dikebut. Saat kami melintas, masih ada truk pengangkut tanah hingga mesin pengaspal berseliweran.

Walau demikian, urusan koneksi internet di sepanjang ruas itu tidak mendapatkan kendala berarti. Kegiatan yang kami ujikan ala pemudik, mulai dari berkomunikasi via WhatsApp, menonton YouTube, mendengarkan streaming musik Spotify, serta membuka berbagai situs atau media sosial cenderung lancar.

Telkomsel

Layanan internet Telkomsel yang kami gunakan bisa melakukan semua kegiatan di atas dengan lancar. Kecepatan rata-rata tertinggi kami peroleh melalui pengukuran nPerf di pintu keluar Tol Brebes Timur yang menyambung ke ruas tol fungsional Pejagan-Pemalan. Ada pun kecepatan download rata-rata mencapai 36,10 Mbps dan upload rata-rata 17,8 Mbps.

Namun, kami mencatat latensi jaringan menjadi sangat tinggi, yakni mencapai 283 ms sepanjang beberapa kilometer setelah KM 318 ruas tol Pejagan-Pemalang.

Walau kegiatan streaming film, musik hingga browsing tidak mengalami kendala, latensi tersebut akan mengganggu bagi pengguna yang bermain game online, seperti Mobile Legends. (Baca juga: Telkomsel Jawab Keluhan Pemain Game Mobile Legends)

XL Axiata dan Tri

Nomor XL Axiata yang kami gunakan juga tidak mendapatkan kendala berarti saat dipakai melakukan kegiatan online ala pemudik. Kami mencatat bahwa pengukuran kecepatan internet operator ini mencapai nilai tertinggi saat berada di KM 318 ruas tol Pejagan-Pemalang. Kecepatan download rata-rata mencapai 37,1 Mbps dan upload rata-rata 21,6 Mbps.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X