Update WhatsApp Ada Fitur "Request Account Info", Gunanya?

Kompas.com - 30/05/2018, 19:14 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp merilis update 2.18.61 untuk pengguna perangkat iPhone. Fitur baru yang diberikan adalah ‘Request Account Info’. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengunduh (export) beragam informasi seputar akun yang pengguna gunakan.

Dikutip dari laman WhatsApp, fitur ‘Request Account Info’ dapat membantu pengguna mendapatkan data berupa informasi akun, pengaturan dan foto profil serta nama grup yang pengguna ikuti. Fitur ‘Request Account Info’ tidak disediakan untuk mengunduh data pesan yang pengguna kirim atau terima di WhatsApp.

"The Request Account Info feature allows you to request and export a report of your WhatsApp account information and settings. Examples of this information include your profile photo and group names."

Baca juga: Begini Cara Video Call Berempat Sekaligus dengan WhatsApp

WhatsApp juga menjelaskan bahwa laporannya akan tersedia dalam 3 hari sejak permintaan dilakukan. pengguna bisa melihat informasi waktu yang diberikan pada laman yang sama.

Ketika laporan tersebut sudah tersedia, pengguna WhatsApp akan mendapatkan notifikasi dan dokumen bisa diunduh. Dokumen yang tersedia akan berupa file arsip dalam bentuk ZIP dengan rincian dokumen HTML dan JSON.

Fitur ini sepertinya hadir berkaitan dengan peraturan privasi data pengguna baru di daratan Eropa (biasa disebut GDPR – General Data Protection Regulation).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu bagian dari peraturan baru tersebut adalah pengguna layanan aplikasi atau sosial media yang memiliki fitur menyimpan informasi pengguna, harus menyediakan fitur untuk mengunduh data tersebut secara mudah dan lengkap.

Baca juga: Begini Cara Mengunduh Data Pengguna WhatsApp

Sebagai tambahan catatan, update WhatsApp terbaru ini kabarnya juga memperbaiki masalah Preview notifikasi yang sebelumnya bermasalah.

Yaitu pengguan tidak bisa melihat detail notifikasi WhatsApp berupa nama pengirim pesan dan pesannya dalam mode Lockscreen – padahal pengaturan Notification Preview tidak mengalami perubahan.

*Artikel ini telah tayang di MakeMac.com dengan judul "Update WhatsApp Tambah Fitur ‘Request Account Info’, Apa Gunanya?"



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.