Kompas.com - 31/05/2018, 07:42 WIB

KOMPAS.com - Tahun 2017 lalu, Xiaomi merilis Mi 5X yang kemudian dikenal di pasar global sebagai Mi A1. Ponsel ini menjadi perangkat pertama Xiaomi yang dijalankan dengan OS Android polos.

Usia Mi A1 tergrolong singkat di pasaran, sebab tujuh bulan setelah dipasarkan, produksi Mi A1 dilaporkan mandek. Meski begitu, bukan berarti Xiaomi menghentikan sama sekali penggunaan Android murni untuk perangkatnya.

Spekulasi yang merebak di internet menyebut, Xiaomi akan me-rebranding Mi 6X sebagai Mi A2, sebagaimana yang dilakukan pada Mi 5X. Namun, salah satu perwakilan Xiaomi mengklaim jika tidak ada ponsel Mi A2, tapi produksi ponsel Android murni sebagai penerus Mi A1, akan tetap berlanjut.

"Tidak ada ponsel dengan nama itu (Mi A2). Tapi kami akan buat lebih banyak ponsel Android One", ungkap salah satu perwakilan Xiaomi seperti KompasTekno rangkum dari Digit India, Kamis (31/5/2018).

Sayangnya, dirinya tak menyebut kapan penerus Mi A1 akan segera diperkenalkan, termasuk bocoran harganya. Mi A1 resmi meluncur tahun lalu sebagai nama pasar Mi 5X yang dijalankan dengan Android 7.1.2 tanpa antarmuka bawaan Xiaomi, MIUI.

Respon Mi Fans terhadap ponsel Mi A1 tidak mengecewakan. Pasalnya, kala Xiaomi mengadakan polling sederhana melalui Twitter resminya, lebih banyak Mi Fans yang menggandrungi perangkat berbasis Android One ketimbang bersisihan dengan MIUI 9.

Baca juga: Xiaomi Mi A1 Dapat Sebutan Android One, Apa Artinya?

Tak berapa lama, kicauan tersebut dihapus oleh admin Twitter Xiaomi. Sesuai janji Xiaomi, Mi A1 bisa diperbarui dengan sistem Android baru secara berkala.

Mi 6X yang disebut-sebut menjadi kandidat Mi A2, meluncur awal April lalu di China. Ponsel berkamera ganda tersebut masih memadukan Android Oreo dan antarmuka MIUI 9.5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber digit.in


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.