Kompas.com - 31/05/2018, 14:23 WIB
(ki-ka) Samsung Galaxy A3 dan Galaxy A5 Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com(ki-ka) Samsung Galaxy A3 dan Galaxy A5
|

KOMPAS.com - Jika Anda adalah pengguna Samsung Galaxy A3, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk meng-upgrade versi Android pada ponsel Anda. Pasalnya beberapa Galaxy A3 diketahui bermasalah sesaat setelah pembaruan versi Android menjadi Oreo.

Masalah ini pertama kali terungkap dari salah satu pengguna dalam forum diskusi di halaman komunitas Samsung.

Pengguna tersebut mengeluhkan terjadinya bootloop pada ponsel serta baterai yang hanya bertahan kurang dari 4 jam setelah melakukan pembaruan versi Android.

Masalah itu kemudian membuat ponsel pintar melakukan reboot atau restart secara tiba-tiba dengan sendirinya. Kemudian ponsel mengalami freeze atau crash dan tidak dapat merespon sedikit pun perintah dari pengguna.

"Saya sudah melakukan factory reset untuk mengecek apakah ini disebabkan oleh salah satu aplikasi atau bukan. Tapi ternyata tidak. Meskipun sudah di-reset, masalah ini terus terjadi," ungkap pengguna Samsung Galaxy A3 tersebut sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman community.samsung.com, Kamis (31/5/2018).

Pengguna lainnya yang mengalami hal serupa ikut menanggapi keluhan ini. Menurut mereka kesalahan ini terjadi jika ponsel terhubung dengan WiFi tertentu.

"Saya mengalami masalah yang sama seperti pengguna lainnya. Ketika ponsel terhubung dengan WiFi tertentu, ponsel berhenti seketika dan semakin panas. Saat ini terjadi, saya tidak bisa melakukan apa-apa kecuali mematikan ponsel secara paksa," tulis pengguna lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masalah ini diduga berasal dari bug yang ada pada pembaruan yang dirilis Samsung beberapa waktu lalu. Kemungkinan besar masalah tersebut tidak terdeteksi saat pengujian dalam tahap beta dan kemudian muncul dengan tiba-tiba.

Kendati demikian, pihak Samsung masih belum memberi komentar lebih jauh terkait masalah ini. Belum ada solusi yang bisa dilakukan sebagai langkah penanganan. Namun beberapa pengguna menyarankan agar ponsel tidak terhubung pada WiFi untuk sementara waktu.

Kejadian seperti ini sejatinya bukan pertama kali yang terjadi. Beberapa waktu lalu, hal serupa terjadi pada perangkat Galaxy S8 dan S8 Plus.

Masalah yang terjadi pun serupa. Setelah melakukan pembaruan versu Android menjadi Oreo, beberapa perangkat dilaporkan mengalami bootloop alias restart dengan sendirinya dan crash.

Setelah mengetahui masalah tersebut, Samsung segera menghentikan peluncuran pembaruan sistem operasi untuk sementara waktu. Bahkan perusahaan yang berbasis di Korea Selatan itu tidak memberi perkiraan tenggat waktu, kapan proses pembaruan sistem operasi akan mereka lanjutkan kembali.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mirip, Ini Beda Galaxy A6 dan Galaxy J7 Duo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.