"Bug" di Google Search Muncul Saat Mengetik "the1975..com" - Kompas.com

"Bug" di Google Search Muncul Saat Mengetik "the1975..com"

Kompas.com - 01/06/2018, 16:30 WIB
Ilustrasi Google Search App di MobileDIPTENDU DUTTA / AFP Ilustrasi Google Search App di Mobile

KOMPAS.com - Mesin pencarian Google dilaporkan menyimpan bug. Salah satu pengguna Reddit pertama kali melaporkan hal ini.

Ketika menulis kata "the1975..com" pada kolom Google Search di aplikasi mobile, maka yang keluar adalah pesan singkat ( SMS) terkahir yang tersimpan di ponsel tersebut.

Penemuan bug ini ditemukan ketika pengguna Reddit tersebut hendak mencari situs band rock asal Inggris The 1975, namun terjadi salah ketik sehingga ada dua titik sebelum domain.

Beberapa pengguna ponsel Android seperti OnePlus, Samsung, LG, Motorola, dan Huawei dilaporkan mengalami masalah tersebut.

Bug di Google Search App ketika mengetik kata the1975..com dan vizela viagensAndroid Central Bug di Google Search App ketika mengetik kata the1975..com dan vizela viagens
Bug akan muncul di aplikasi Google Search mobile yang terpasang diperangkat. Masalah ini tidak akan muncul di peramban lain, seperti Chrome.

Selain kata "the1975..com", bug yang sama juga disebut muncul ketika mengetikan kata "zela viagens". "izela viagens" dan "vizel viagens" atau kombinasi dari karakter serupa, seperti "the1975.#com".

Fungsi tersebut akan muncul kadangkala. Pengguna akan diarahkan ke opsi "show text messages" (tunjukan pesan) untuk melihat isi SMS di perangkatnya. Tak hanya berupa ketik, namun bug ini juga muncul ketika menggunakan perintah suara di Google Assitant.

Baca juga: Temukan Kelemahan Google, Remaja Dapat Hadiah Rp 500 Juta

Isi SMS terakhir hanya akan muncul ketika pengguna mengijinkan akses Google App ke SMS. Pengguna bisa menonaktifkan akses tersebut, namun dengan konsekuensi Google Assistant tidak bisa membaca pesan yang diperintahkan.

Bug di Google Search App iPhoneThe Guardian Bug di Google Search App iPhone

Tak hanya di Android, bug ini juga dikabarkan muncul di iPhone, meski pesan tidak bisa dibaca oleh Google. Dirangkum KompasTekno dari Tech Spot, Jumat (1/6/2018), belum diketahui penyebab bug ini. Google pun belum memberi tanggapan tentang bug yang terjadi.


Komentar
Close Ads X