Kompas.com - 02/06/2018, 08:47 WIB
Logo Samsung Venture BeatLogo Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
Editor Oik Yusuf
KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Gartner merilis laporan pasaran smartphone dunia untuk kuartal pertama 2018. Seperti sebelum-sebelumnya, Samsung kembali bertengger di urutan pertama.
 
Namun pangsa pasar Samsung sebesar 20,5 persen di awal tahun ini lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 20,8 persen.
 
Sebaliknya, Xiaomi mengalami pertumbuhan penjualan 124 persen secara year-over-year sehingga pangsa pasar globalnya pada kuartal pertama 2018 mencapai 7,4 persen.
 
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Sabtu (02/6/2018) Gartner mengatakan bahwa rahasia di balik melesatnya ponsel Xiaomi di pasaran dunia adalah meluncurnya aneka model baru dengan harga bersaing.
 
"Strategi ini membuat Xiaomi bisa meraih pertumbuhan hingga 330 persen di pasar wilayah Asia dan Pasifik yang tengah berkembang," ujar Research Director Gartner Anshul Gupta.

Baca juga: Daftar Smartphone Terlaris di Dunia, Siapa Juaranya?

 
Xiaomi duduk di urutan keempat dalam daftar lima besar pabrikan smartphone dunia. Di antara Samsung dan Xiaomi ada Apple di posisi kedua dengan market share 14,1 persen, disusul Huawei dengan pangsa 10,5 persen.
 
Oppo menempati urutan kelima dengan pemguasaan pasar 7,3 persen atau hanya berselisih tipis (01 persen) dari Xiaomi. Dengan kata lain, tiga dari lima pabrikan smartphone teratas saat ini merupakan perusahaan asal China.
 
Menurut Gartner, pabrikan-pabrikan Negeri Tirai Bambu tersebut perlahan menggerus pangsa pasar Samsung. Selagi Samsung menurun, Apple masih mencatat kenaikan penjualan sebesar empat persen pada kuartal-I 2018. 
 
Berdasarkan catatan Gartner, jumlah penjualan smartphone secara global pada tiga bulan pertama 2018 ini hampir menyentuh angka 384 juta unit.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GadgetsNow
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.