Lirikan Mahasiswi ke Apple Watch yang Berujung Denda Rp 4 Juta

Kompas.com - 04/06/2018, 09:03 WIB
Fitur Health di dalam Apple Watch MacWorldFitur Health di dalam Apple Watch
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Kanada agaknya memiliki sikap tegas terhadap para pengendara yang suka mengutak-atik gadget selagi menyetir. Misalnya seorang mahasiswi University of Guelph bernama Victoria Ambrose ini.

Ambrose kedapatan sibuk sendiri dengan Apple Watch miliknya sehingga tidak memperhatikan keadaan sekitar. Seorang polisi melihat Ambrose melirik arloji pintar itu sebanyak 4 kali ketika berhenti di persimpangan.

Lalu, ketika lampu lalu lintas menyala hijau, Ambrose tidak menggerakkan kendaraannya. Dia baru sadar ketika dihampiri sang polisi. Ambrose pun dibawa ke meja hijau lantaran dianggap melanggar hukum soal gangguan ketika mengemudi.

Pengacara Ambrose berkilah kliennya tidak melanggar aturan karena dalam kasus ini dia tidak mengaktifkan layar ponsel, seperti yang disebutkan oleh ketentuan hukum terkait. Gadget yang digunakan memang bukan ponsel, tapi arloji pintar.

Namun, Hakim Lloyd Philipps yang memimpin persidangan rupanya punya pendapat berbeda. Menurut sang hakim,Apple Watch adalah alat komunikasi dan tingkat gangguannya bisa disamakan dengan ponsel.

“Meskipun terpasang di pergelangan tangan, perangkat ini (Apple Watch) sama mengganggunya dengan ponsel yang diikat di pergelangan tangan seseorang,” ujar hakim Philipps ketika membacakan putusannya, akhir Mei lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (4/6/2018).

Ambrose pun didenda 400 dollar Kanada atau sekitar Rp 4,2 juta. Pengacaranya memberi catatan bahwa hukum soal gangguan mengemudi di Kanada perlu diperbarui agar lebih sesuai dengan perkembangan teknologi dan lebih spesifik tentang apa yang boleh dilakukan dengan perangkat-perangkat pintar.  

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apple Watch Selamatkan Nyawa Peselancar yang Terapung di Lautan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X