Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Berikutnya Punya Fitur "Gelap Total"

Kompas.com - 04/06/2018, 16:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Sistem operasi MacOS 10.14 bakal dilengkapi fitur “dark theme” yang lebih menyeluruh. Setidaknya begitu menurut bocoran screenshot yang diumbar seorang developer bernama Steve Troughton Smith via akun Twitter personalnya (@stroughtonsmith).

Diketahui, dark theme bukanlah inovasi baru. Fitur itu sudah ada pada MacOS lama, tetapi hanya mengubah warna menubar dan dock menjadi gelap.

Nantinya, MacOS 10.14 dikatakan mampu menggelapkan semua aplikasi di MacOS ketika dark theme diaktifkan. Bahkan, ikon aplikasi "Trash" tampak berubah lebih gelap pada bocoran screenshot.

Fitur ini dirancang untuk para pekerja larut malam, agar mata tak mudah lelah terus-terusan melihat layar komputer. Dengan begitu, produktivitas di malam hari pun tak terganggu.

Menurut Steve Troughton Smith, penyetelan dark theme pada MacOS 10.14 kemungkinan besar mengandalkan tombol pengalih (toggle). Pengguna bisa menggeser toggle ke arah kanan untuk mengaktifkan dark theme, atau menggeser ke kiri untuk menonaktifkannya.

Selain dark theme, ada beberapa pembaruan lain pada MacOS 10.14 yang dibocorkan Steve Throughton Smith. Dua di antaranya adalah apllikasi “News” pada Mac dan dukungan video preview pada App Store, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (4/6/2018), dari 9to5Mac.

Bocoran ini bisa dibilang lumayan akurat, sebab berasal dari screenshot Xcode 10. Alat pemrograman tersebut dirancang Apple untuk para developer yang ingin membuat aplikasi dalam lingkungan Apple (iOS dan MacOS).

Meski begitu, bocoran tetaplah bocoran yang sifatnya belum pasti. Apple masih enggan mengonfirmasi bocoran tersebut, sehingga kebenaran bocoran itu belum bisa dipercaya sepenuhnya.

Baca juga: Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com