Programer Bocah Asal Indonesia Pamer Foto Bersama CEO Apple

Kompas.com - 04/06/2018, 19:06 WIB
Yuma Soerianto, programmer cilik keturunan Indonesia yang berfoto dengan CEO Apple, Tim Cook di ajang WWDC 2018. Twitter/YumaSoeriantoYuma Soerianto, programmer cilik keturunan Indonesia yang berfoto dengan CEO Apple, Tim Cook di ajang WWDC 2018.

KOMPAS.com - Bocah keturunan Indonesia, Yuma Soerianto memamerkan fotonya bersama CEO Apple, Tim Cook di akun Twitter pribadinya.

Foto tersebut diambil di sela-sela acara kumpul developer tahunan, Worldwide Developer Conference ( WWDC 2018) yang diselenggarakan perusahaan teknologi raksasa Apple di San Jose, Minggu (3/6/2018).

Yuma bukan pengunjung biasa di acara itu, ia adalah penerima beasiswa termuda yang mendapat kesempatan untuk menghadiri pergelaran akbar pengembang aplikasi Apple tersebut.

Ajang WWDC 2018 menjadi ajang kedua bagi Yuma, setelah tahun lalu ia juga mendapat kesempatan yang sama dan tetap menjadi programer Apple termuda.

Keikutsertaannya di San Jose tahun lalu menarik perhatian Cook. Tak hanya karena ia menjadi yang paling belia, Cook juga terkesan dengan beberapa aplikasi yang dibuat Yuma.

Kala itu, Yuma membuat aplikasi untuk membantu orangtuanya menentukan harga sebuah barang yang sudah disesuaikan dengan penjual lokal dan pajak. Harga akan disajikan dalam bentuk konversi mata uang yang digunakan.

Tak cukup sampai disitu, Cook juga kagum dengan keterampilan Yuma yang berhasil membuat aplikasi hanya dalam hitungan jam.

"Dan kamu membuatnya di pesawat dalam perjalanan dari Australia ke AS? Wow. Kamu bisa membuat aplikasi dalam hitungan jam. Saya terkesan. Saya tak sabar melihat karyamu selanjutnya," puji Cook kala itu.


Khusus untuk membuat aplikasi yang diikutsertakan dalam WWDC 2017, Yuma mengaku hanya menghabiskan waktu dua minggu saja. Beberapa ilmu ia dapatkan dari WWDC 2017, seperti ARKit (Augmented Reality) dan SceneKit (3D Graphics Engine).

Belajar pemrograman lewat YouTube

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X