Asus Resmikan ROG Phone, Ponsel Gaming Pesaing Xiaomi Black Shark

Kompas.com - 04/06/2018, 19:24 WIB
ASUS resmi memperkenalkan perangkat smartphone gamingnya. ROG Phone diperkenalkan dalam perhelatan Computex 2018 di Taipei, Senin (4/6/2018) yudha pratomo/KOMPAS.comASUS resmi memperkenalkan perangkat smartphone gamingnya. ROG Phone diperkenalkan dalam perhelatan Computex 2018 di Taipei, Senin (4/6/2018)
|

TAIPEI, KOMPAS.com - Setelah berbagai rumor beredar di dunia maya, kini Asus secara resmi masuk dalam peta persaingan smartphone gaming. Ponsel gaming tersebut adalah Asus ROG Phone yang siap bersaing dengan Xiaomi Black Shark dan Razer.

Senior Product Director Republic of Gamers Kris Huang mengatakan, industri mobile gaming memang tengah tumbuh pesat. Bahkan memurutnya, dalam beberapa waktu ke depan, potensi mobile gaming bakal mendatangkan pemasukan yang besar.

"Bukan cuma main game, tapi saat ini angka penonton e-sport juga naik. ROG Phone hadir untuk para mobile gamer," ungkap Huang di atas panggung peluncuran di Taipei, Taiwan, Senin (4/6/2018).

Jika dilihat dari spesifikasi, di atas kertas Asus ROG Phone ini memang memiliki perangkat keras yang mumpuni untuk bermain game dalam kualitas yang tinggi.

Dapur pacu ponsel gaming pertama milik Asus ini dipersenjatai oleh Snapdragon 845 dengan kecepatan mencapai 2,96 Ghz. Ini merupakan salah satu prosesor yang diperuntukkan ponsel kelas atas.

Dengan prosesor ini, Asus berani menjamin tidak akan ada lag atau gerakan patah-patah yang bakal dialami oleh pengguna selama bermain game.

Kemudian Asus memadankan RAM berukuran 8 GB dengan ROM sebesar 128 GB. Dengan ukuran ini diharapkan pengguna bisa menyimpan lebih banyak game di dalam ponsel tersebut. Selain itu ada juga varian lain dengan ROM sebesar 512 GB.

Ukuran ponsel ini pun sejatinya tidak terlalu besar. Layar AMOLED dengan resolusi 2160x1080 seluas 6 inci tersemat pada ponsel ini. Istimewanya, layar ini memiliki angka refresh rate hingga 90 Hz dan contrast ratio 10.000:1.

Aksesoris lain untuk menunjang pengalaman gaming pada ASUS ROG Phone ini adalah Mobile Desktop Dock. Dengan alat ini, ponsel bisa terhubung dengan monitor, keyboard dan mouse sehingga menjadi seperti sebuah PC. yudha pratomo/KOMPAS.com Aksesoris lain untuk menunjang pengalaman gaming pada ASUS ROG Phone ini adalah Mobile Desktop Dock. Dengan alat ini, ponsel bisa terhubung dengan monitor, keyboard dan mouse sehingga menjadi seperti sebuah PC.

Dari sisi perangkat lunak, Asus pun terlihat cukup serius menggarap ponsel gaming ini, sampai-sampai vendor asal Taiwan ini memodifikasi sistem operasi Android yang berbeda dengan produk ponsel Asus lainnya.

Jika biasanya ponsel Asus standar menggunakan ZEN UI, Asus ROG Phone menggunakan tampilan berupa ROG Gaming UI yang berbasis Android Oreo. Pada antarmuka ini ditambahkan juga sejumlah fitur yang dapat memonitor perangkat mulai dari suhu, kontrol kecepatan kipas eksternal, X Mode, hingga kecepatan prosesor.

Asus ROG Phone menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh sebagai sumber listrik utama. Tak lupa Asus menyematkan fitur fast charging agar baterai bisa terisi penuh dengan lebih cepat.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan beberapa aksesori tambahan seperti pendingin eksternal, game controller, hingga mobile dock untuk mengubah ponsel menjadi layaknya PC.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X