Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 12 Resmi Hadir, Ini Daftar iPhone dan iPad yang Kebagian

Kompas.com - 05/06/2018, 11:02 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Selain merilis MacOS Mojave, Apple juga memperkenalkan sistem operasi mobile terbaru untuk aneka gadget buatannya (iPhone dan iPad), iOS 12 di ajang konferensi WWDC di San Jose, Amerika Serikat.

Update iOS terkini seringkali tak mampir ke perangkat iPhone dan iPad yang sudah berumur, lantaran kurang tenaga. Nah, kabar baiknya untuk iOS 12, semua perangkat yang sebelumnya bisa menjalankan iOS 11, bakal kebagian OS mobile anyar itu.

“Dari iPhone 5S yang diperkenalkan pada 2013 hingga iPhone X yang paling canggih, iOS 12 membawa peningkatan performa ke lebih banyak perangkat dibandingkan versi sebelumnya,” tulis Apple dalam sebuah posting berisi pengumuman.

Kinerja lebih kencang

Peningkatan performa yang dimaksud mencakup klaim kinerja kamera 70 persen lebih cepat dan keyboard yang lebih reponsif 50 persen, sementara peluncuran aplikasi disebut lebih kencang 40 persen.

Selain peningkatan kinerja, Apple turut membawa serta sejumlah fitur baru untuk iOS 12. Misalnya ARKit di mana banyak orang bisa berada di lingkungan virtual yang sama, entah untuk berkreasi atau bermain bersama.

Baca juga: iOS 12 Punya 6 Fitur Pencegah Kecanduan iPhone

Ada juga Memoji berupa emoji baru yang tampilannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna, kemampuan menambah shortcut untuk aneka action Siri, video conference Face Time hingga 32 orang sekaligus, dan fitur search baru untuk mempermudah pencarian foto.

Fitur Memoji (kanan) dan Face Time hingga 32 peserta di iOS 12.Apple Fitur Memoji (kanan) dan Face Time hingga 32 peserta di iOS 12.

iOS 12 rencananya akan segera memulai sesi public beta untuk uji coba dalam waktu dekat. Sementara ini, waktu rilisnya ditargetkan sekitar September 2018.

Baca juga: Membandingkan Kesetiaan Pengguna Android dan iOS

Selengkapnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Selasa (5/6/2018), daftar perangkat Apple yang kebagian iOS 12 adalah sebagai berikut.

iPhone

- iPhone 5S
- iPhone SE
- iPhone 6
- iPhone 6 Plus
- iPhone 6S
- iPhone 6S Plus
- iPhone 7
- iPhone 7 Plus
- iPhone 8
- iPhone 8 Plus
- iPhone X

iPad

- iPad Mini 2
- iPad Mini 3
- iPad Mini 4
- iPad Air
- iPad Air 2
- iPad (generasi ke-5)
- iPad Pro 9,7 inci
- iPad Pro 10,5 inci
- iPad Pro 12,9 inci

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com