Penjualan Smartphone Global Kembali Positif, Satu Merek Melesat

Kompas.com - 05/06/2018, 16:33 WIB
Ilustrasi smartphone ShutterstockIlustrasi smartphone

KOMPAS.com - Firma riset Gartner mencatat kenaikan penjualan global smartphone di kuartal pertama 2018. Penjualan smartphone naik 1,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kabar ini cukup menjadi angin segar bagi industri, sebab pada kuartal IV 2017, penjualan smartphone global disebut melesu.

Total volume penjualan sebesar 384 juta smartphone, mewakili 84 persen dari total penjualan perangkat ponsel. Untuk penjualan semua ponsel, termasuk feature phone, Gartner mencatatkan angka 455 juta pada kuartal pertama ini.

Meski masih memuncaki posisi pertama, Samsung justru dilaporkan kehilangan 0,3 persen pangsa pasar dan pertumbuhannya disebut melamban. Vendor Korea Selatan tersebut cukup tertekan dengan persaingan vendor asal China, seperti Vivo dan Oppo.

Selain duo Galaxy S9 dan S9 Plus, penjualan Galaxy Note 8 dikabarkan membantu pertumbuhan penjualan smartphone Samsung.

Di posisi kedua juga masih ditempati Apple, seperti kuartal sebelumnya. Vendor asal Cupertino, AS tersebut meraih estimasi pangsa pasar sebesar 14,1 persen. Hasil ini naik 0,4 dari periode yang sama tahun lalu.

Menurut Direktur Riset Gartner, Anshul Gupta, meski permintaan iPhone X melebihi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, Apple harus bersusah payah untuk mendorong pergantian dari produk smartphone sebelumnya yang cukup signifikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab itulah, pergerakan Apple termasuk pelan dari yang diperkirakan pada kuartal ini.

"Dengan fokus ke smartphone premium, Apple harus meningkatkan pengalaman iPhone generasi berikutnya secara signifikan, untuk memantik pergantian ( ke smartphone baru) dan membuat pertumbuhan yang solid dalam waktu dekat," jelas Gupta.

Baca juga: Pertama Kali, Penjualan Smartphone Tercatat Menurun

Huawei menempati urutan ketiga dengan kenaikan pangsa pasar 1,5 persen, diikuti Xiaomi di peringkat ke-4 dengan pangsa pasar 7,4 persen. Vendor asal China lainnya, Oppo menduduki posisi ke-5 dengan pengsa pasar sebesar 7,3 persen.

Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X