Kompas.com - 05/06/2018, 18:34 WIB
Fitur Do Not Disturb pada iOS 12. BusinessInsiderFitur Do Not Disturb pada iOS 12.

KOMPAS.com - Inovasi teknologi membuat smartphone semakin adiktif dan menciptakan “generasi menunduk”. Hal ini bisa berdampak negatif, memicu sikap anti-sosial dan tak peduli lingkungan sekitar.

Apple ingin mereduksi dampak negatif tersebut melalui sistem operasi teranyar iOS 12. Ada beberapa fitur yang dirancang khusus untuk memangkas waktu di depan layar (screen-time) dan memungkinkan orang tua mengontrol anak mereka.

Pertama, “Do Not Disturb”. Fitur ini sebaiknya diaktifkan menjelang tidur, agar Anda tak diganggu oleh notifikasi smartphone. Semua notifikasi akan muncul keesokan pagi ketika Anda bangun tidur, disesuaikan dengan waktu spesifik yang Anda setel sendiri.

Kedua, matikan notifikasi untuk aplikasi yang tak sering dipakai. iOS 12 secara berkala akan memberi tahu aplikasi mana saja yang jarang Anda gunakan. Anda bisa benar-benar mematikan notifikasinya.

Ketiga, kelompokkan notifikasi. Anda bisa menyatukan notifikasi berdasarkan jenis aplikasinya. Misalnya notifikasi khusus dari aplikasi chatting atau media sosial. Dengan begitu, Anda tak akan merasa sesak dengan notifikasi dalam satu waktu bersamaan.

Baca juga: Apple Rilis Memoji sebagai Pesaing AR Emoji Samsung

Keempat, waktu di depan layar. Fitur ini memberikan Anda ringkasan detil atas penggunaan iPhone atau iPad selama sepekan. Berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan smartphone, aplikasi apa yang sering dibuka, serta aplikasi apa yang memberikan notifikasi paling banyak, bisa ketahuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelima, batas aplikasi. Anda bisa mematok waktu tertentu untuk menggunakan sebuah aplikasi. Misalnya Anda membatasi diri hanya 30 menit menjajal Instagram.

Ketika Anda menjajalnya 25 menit, iPhone atau iPad akan mengeluarkan peringatan “5 menit lagi untuk membuka Instagram hari ini”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/6/2018), dari BusinessInsider.

Keenam, pengawasan orang tua. Orang tua diberi notifikasi tentang penggunaan smartphone oleh anak mereka. Orang tua juga bisa mematok batas waktu bagi anak untuk menjajal smartphone, serta memangkas akses untuk aplikasi tertentu.

Diketahui, sistem operasi iOS 12 baru saja diperkenalkan dalam ajang kumpul developer tahunan WWDC 2018, di San Jose, California, Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.