Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 12 Punya 6 Fitur Pencegah Kecanduan iPhone

Kompas.com - 05/06/2018, 18:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Inovasi teknologi membuat smartphone semakin adiktif dan menciptakan “generasi menunduk”. Hal ini bisa berdampak negatif, memicu sikap anti-sosial dan tak peduli lingkungan sekitar.

Apple ingin mereduksi dampak negatif tersebut melalui sistem operasi teranyar iOS 12. Ada beberapa fitur yang dirancang khusus untuk memangkas waktu di depan layar (screen-time) dan memungkinkan orang tua mengontrol anak mereka.

Pertama, “Do Not Disturb”. Fitur ini sebaiknya diaktifkan menjelang tidur, agar Anda tak diganggu oleh notifikasi smartphone. Semua notifikasi akan muncul keesokan pagi ketika Anda bangun tidur, disesuaikan dengan waktu spesifik yang Anda setel sendiri.

Kedua, matikan notifikasi untuk aplikasi yang tak sering dipakai. iOS 12 secara berkala akan memberi tahu aplikasi mana saja yang jarang Anda gunakan. Anda bisa benar-benar mematikan notifikasinya.

Ketiga, kelompokkan notifikasi. Anda bisa menyatukan notifikasi berdasarkan jenis aplikasinya. Misalnya notifikasi khusus dari aplikasi chatting atau media sosial. Dengan begitu, Anda tak akan merasa sesak dengan notifikasi dalam satu waktu bersamaan.

Baca juga: Apple Rilis Memoji sebagai Pesaing AR Emoji Samsung

Keempat, waktu di depan layar. Fitur ini memberikan Anda ringkasan detil atas penggunaan iPhone atau iPad selama sepekan. Berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan smartphone, aplikasi apa yang sering dibuka, serta aplikasi apa yang memberikan notifikasi paling banyak, bisa ketahuan.

Kelima, batas aplikasi. Anda bisa mematok waktu tertentu untuk menggunakan sebuah aplikasi. Misalnya Anda membatasi diri hanya 30 menit menjajal Instagram.

Ketika Anda menjajalnya 25 menit, iPhone atau iPad akan mengeluarkan peringatan “5 menit lagi untuk membuka Instagram hari ini”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/6/2018), dari BusinessInsider.

Keenam, pengawasan orang tua. Orang tua diberi notifikasi tentang penggunaan smartphone oleh anak mereka. Orang tua juga bisa mematok batas waktu bagi anak untuk menjajal smartphone, serta memangkas akses untuk aplikasi tertentu.

Diketahui, sistem operasi iOS 12 baru saja diperkenalkan dalam ajang kumpul developer tahunan WWDC 2018, di San Jose, California, Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com