Nvidia Ketahuan Sedang Menyiapkan Chipset GPU Mainstream - Kompas.com

Nvidia Ketahuan Sedang Menyiapkan Chipset GPU Mainstream

Kompas.com - 06/06/2018, 07:13 WIB
GPU/kartu grafis Nvidia GTX 1080 Ti.Ist GPU/kartu grafis Nvidia GTX 1080 Ti.

KOMPAS.com - Raksasa chip pengolah grafis ( GPU) Nvidia agaknya sedang bersiap merilis produk baru dari kelas menengah. Hal tersebut diketahui dari jadwal konferensi Hot Chips yang akan digelar pada Agustus mendatang.

Salah satu acara dalam jadwal konferensi adalah presentasi "GPU Mainstream Generasi Berikutnya dari Nvidia" yang akan dibawakan oleh Stuart Oberman pada 20 Agustus.

"Kita akan mendengar kabar dari raksasa CPU dan GPU: AMD dengan chip klien generasi berikutnya, Nvidia dengan GPU Next-gen, dan Intel dengan die stacked GPU," sebut panitia Hot Chips dalam sebuah keterangan tertulis.

Kemunculan agenda Nvidia tersebut agaknya terjadi secara tak sengaja karena jadwal HotChips segera dikoreksi, namun screen shot sudah kadung beredar di dunia maya.

Di samping keterangan "GPU mainsream", tak ada informasi lain yang bisa menunjukkan jati diri sang calon GPU baru ini. Bisa jadi ia menggunakan arsitektur baru seperti ketika Nvidia melompat dari Maxwell (seri GeForce GTX 900) ke Pascal (seri GeForce GTX 10).

Atau, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Rabu(6/6/2018), bisa jadi pula sang GPU baru menggunakan basis teknologi hasil penyegaran dari arsitektur sebelumnya seperti Pascal. Volta, Ampere, atau Turing.

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa Nvidia memang sedang menyiapkan GPU baru untuk kuartal ketiga 2018, saat memori GDDR6 sudah siap diproduksi massal. Kendati demikian, keberadaan sang GPU hingga kini masih misterius.

Baca juga: GPU Rp 5 Jutaan Kini Dijual Rp 11 Juta Gara-gara Bitcoin



Close Ads X