Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Z5 Resmi Meluncur, Layar Tidak Sebersih Sesumbar

Kompas.com - 06/06/2018, 08:20 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo akhirnya meluncurkan smartphone anyarnya, Lenovo Z5 di China. Setelah sesumbar akan mengusung desain yang bersih dari bingkai sama sekali, nampaknya Lenovo tetap mengekor tren ponsel Android lain saat ini. (Baca juga: Wajah Lenovo Z5, Layar Semua Tanpa Poni dan Bezel?)

Lenovo Z5 secara resmi meluncur dengan desain layar "berponi". Tampak takik kecil atau "notch" menghiasi permukaan atas layar.

Display tersebut dilindungi anti gores Corning Gorilla Glass 2,5 D di bagian muka dan punggung perangkat. Bingkai depan berbahan logam dan bodi belakangnya terbuat dari bahan kaca.

Diagonal layar Lenovo Z5 berbentang 6,2 inci dengan resolusi full HD plus 2246 x 1080 piksel dan rasio aspek 19:9. Rasio bodi ke layarnya disebut mencapai 90 persen, bukan 95 persen seperti yang diumbar sebelumnya.

Di bawah "cangkang", terbenam chip Snapdragon 636 octa-core yang disandingkan dengan grafis Adreno 509 dan RAM 6 GB. Lenovo akan melempar smartphone ini dalam dua model internal, yakni 64 GB dan 128 GB.

Baca juga: Deretan Ponsel Android yang Tiru Poni Layar iPhone X

Tak mau ketinggalan tren kamera, Lenovo juga menyematkan modul dual lensa di bagian belakang. Masing-masing berkonfigurasi 16 megapiksel untuk kamera utama dan 8 megapiksel untuk kamera sekunder dengan bukaan f/2.0.

Lenovo mengklaim jika kamera ini bisa diandalkan untuk merekam video dengan resolusi 4K. Selain kamera, bodi belakang juga digunakan sebagai rumah sensor pemindai sidik jari. Kamera selfie di bagian depan memiliki resolusi 8 megapiksel dengan dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Lenovo Z5 dibekali baterai non-removable berkapasitas 3.300 mAh yang didukung pengisi daya 18 watt. Di sisi kiri perangkat terdapat dua slot kartu SIM, sementara tombol volume dan power ada di sisi sebelah kanan.

Handset ini akan berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo dan kustomisasi antarmuka ZUI 4.0. Dihimpun KompasTekno dari Phone Radar, Rabu (6/6/2018), ada tiga varian warna yang bisa dipilih yakni hitam, biru, dan warna aurora.

Baca juga: Ponsel Lenovo S5 Diperkenalkan, Mirip Xiaomi Mi A1

Untuk Lenovo Z5 dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB dibanderol 1.299 yuan (sekitar Rp 2,8 juta). Sementara model dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB akan dijual 1.799 yuan (sekitar Rp 3,9 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com